Workshop Humas dan Keprotokolan IAIN Padangsidimpuan Target Rampungkan Juknis Keprotokolan

Workshop Humas dan Keprotokolan IAIN Padangsidimpuan Target Rampungkan Juknis Keprotokolan

(Senin, 18/03/2019) Sub Bagian Humas Data dan Informasi mengadakan workshop Humas dan Keprotokolan IAIN Padangsidimpuan yang digelar di Lantai II Aula Biro Rektorat mulai dari senin 18 sampai 19 Maret 2019.

Kasubbag Humas Data dan Informasi IAIN Padangsidimpuan, Ratonggi Hasibuan, M.A menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk penguatan dan kesepahaman SDM antar lembaga dan fakultas di seluruh unit-unit yang bertugas di IAIN Padangsidimpuan agar menjadi satu kesatuan yang handal membutuhkan juknis resmi tentang keprotokolan yang berlaku di lingkungan IAIN Padangsidimpuan sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku.

“Jadi tujuan kita dari Humas Data dan  Informasi melaksanakan workshop ini adalah agar dapat menghasilkan suatu juknis yang bisa kita ajukan kepada pimpinan sehingga menjadi aturan resmi tentang keprotokolan di IAIN Padangsidimpuan dan itu semua nantinya akan diberlakukan di seluruh unit, fakultas dan lembaga yang ada di IAIN Padangsidimpuan.” ujar Ratonggi.

Doc. Humas. Para wakil Rektor dan Dua Narasumber serta Kasubbag Humas (Kanan)

Kolaborasi antara fakultas dan lembaga dengan Sub Bagian Humas Data dan Informasi dalam peliputan kegiatan dan sistem protokolan harus lebih singkron dan sangat penting. “Pasalnya kondisi miscommunication dapat memberikan masalah bagi kita semuanya nantinya. Untuk menghindari hal tersebut perlu adanya kesepahaman dan aturan bersama. Untuk itu kita telah menghadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Nurhamidah Siregar, S.Ag., M.Kom.I dari Balai Dikat Keagamaam Medan dan Mahmudah Lubis, S.Ag., M.Si yang nantinya akan memberikan kita pencerahan dan pengetahuan mengenai masalah-masalah regulasi, tata keprotokolan dan sebagainya.” ungkap Kasubbag Humas Data dan Informasi di dalam laporan ketua panitia.

Peserta kegiatan workshop ini berasal dari perwakilan semua unit, seperti lembaga, fakultas, lembaga kemahasiswaan dan korps security IAIN Padangsidimpuan dengan jumlah 30 orang. Selain itu hadir juga wakil rektor, Dr. Anhar, MA Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, beliau membuka acara secara resmi. Dalam sambutan pembukaan acara ia menekankan bahwa workshop ini sangat penting untuk IAIN Padangsidimpuan.

“Sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Kasubbag Humas Data dan Informasi Workshop ini nantinya akan menghasilkan berupa juknis tentang keprotokolan, inilah yang kita tunggu dan kami sangat mendukung hal ini. Karena dengan juknis ini melalui keputusan rektor dapat menjadi tatanan aturan bagi kita semuanya. Semoga dapat kualitas dan integritas kita semua menjadi lebih baik.” ujar Anhar dalam sambutannya.

Selain itu hadir juga Dekan-Dekan Fakultas, Kabag dari berbagai fakultas, kabag, kasubbag dan perwakilan dari lembaga kemahasiswaan sebagai peserta aktif dalam kegiatan workshop humas dan keprotokolan. Sesuai dengan jadwalnya bahwa kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari penuh tanggal 18 dan 19 Maret 2019. Direncanakan pada hari pertama materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan simulasi keprotokolan pada hari berikutnya.

Doc Humas. Penjelasan Nurhamidah Siregar, S.Sos.I, M.Kom.I Narasumber tentang Keprotokolan

Paparan Nurhamidah Siregar, S.Sos.I, M.Kom.I sebagai narasumber khusus dibidang Keprotokolan dan Mahmudah Lubis, S.Ag, M.Si narasumber khusus di bidang Kehumasan. Ia menjelaskan penting adanya aturan keprotokolan di IAIN Padangsidimpuan, menurut paparannya bahwa setiap penjabat negara, tokoh masyarakat, pemuka agama, pemuka adat, dan para undangan dari berbagai elemen yang menjadi tamu dalam suatu acara memiliki hak keprotokolan. “Pada dasarnya sesuai dengan UU No. 9 Tahun 2010 tentang keprotokolan dimana pada UU tersebut telah diatur sedemikian rupa tentang hak keprotokolan berbagai elemen seperti pejabat negara hingga pada tingkat desa/kelurahan seperti kepala desa atau lurah. Dengan adanya UU no. 9 Tahun 2010 ini menjadikan sistem baik dalam keprotokolan yang harus dilaksanakan oleh Humas dan Keprotokolan dalam sebuat upacara secara resmi dan acara-acara formal lainnya.” terangnya.

Doc Humas. Mahmudah Lubis, S.Ag, M.Si Narasumber tentang materi kehumasan

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id