Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini
Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini

1502 Mahasiswa Diberangkatkan KKL Ke Kabupaten Paluta Dan Madina

Kamis (15/07/2021); Acara pemberangkatan 1502 mahasiswa yang digelar di gedung aula Ma’had Jamiah IAIN Padangsidimpuan hari ini, turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua dan Kepala Lembaga, para Kabag dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.
Dalam laporannya, Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, MA selaku Ketua Panitia melaporkan peserta KKL tahun ini berjumlah sebanyak 1502 orang, yang akan disebarkan ke 2 kabupaten yaitu Padang Lawas Utara (Paluta) dan Mandailing Natal (Madina).
“Kepada Rektor yang diwakili oleh para Wakil Rektor, kami laporkan bahwa jumlah peserta (Kuliah Kerja Lapangan) KKL tahun 2021 ini berjumlah 1502 orang mahasiswa, (1500 adalah mahasiswa yang semester berkenaan dan tambahan 1 orang dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan 1 orang lagi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang “belum” mengikuti KKL tahun lalu),” ungkap Sehat Sultoni Dalimunthe.
“Jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 45 dosen yang akan membimbing 2 kelompok desa KKL dengan sebaran 800 mahasiswa berlokasi di Kabupaten Madina, Kecamatan Muara Batang Gadis, Natal dan Batahan. 702 mahasiswwa berlokasi di Kabupaten Paluta, Kecamatan Padang Bolak,” jelas Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat pada LP2M IAIN Padangsidimpuan ini.
Sementara itu, Dr. H. Zul Anwar Ajim Harahap, M. A (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat/LP2M IAIN Padangsidimpuan) memaparkan bahwa KKL ini merupakan bagian dari manifesto Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggunakan system Participatory Action Research (PAR).
“Kepada para Dosen Pembimbing Lapangan juga mahasiswa peserta KKL, kami sampaikan bahwa KKL ini menggunakan system Participatory Action Research (PAR) dimana para Dosen dan mahasiswa serta masyarakat berperan aktif dalam menentukan dan melaksanakan program KKL. Terkhusus kepada mahasiswa peserta KKL, tetap jaga kesehatan dengan mematuhi protocol kesehatan (Prokes) sehubungan dengan masih mewabahnya pandemic covid19 ini,” tegas Zul Anwar Ajim Harahap.
Acara pemberangkatan peserta KKL ini resmi dengan simbolis memakaikan topi KKL kepada utusan peserta oleh Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag (Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga) dan Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M. Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama).
Dalam arahannya, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menekankan kembali kepada peserta agar tetap menjaga kesehatan dan juga menjaga nama baik IAIN Padangsidimpuan.
“Ananda para peserta KKL yang akan kita berangkatkan, jagalah nama baik IAIN Padangsidimpuan dengan menampilkan kinerja juga akhlaq yang terbaik di tengah-tengah masyarakat kamu nanti ditempatkan. Jadilah anda sebagai pionir kebaikan, silahkan berinovasi dan berimprovisasi dengan memegang nilai-nilai kultur moral kemasyarakatan,” tegas Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag.
Humas IAIN Padangsidimpuan yang juga turut menghadiri acara pemberangkatan ini berkesempatan mewawancarai salah seorang dari peserta KKL berkenaan dengan harapan peserta.
“Saya mewakili teman-teman mahasiswa peserta KKL tahun ini berharap semoga kami dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat nantinya, menjadi contoh dan teladan di tengah-tengah masyarakat. Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Rektor, para Wakil Rektor, Dekan serta civitas akademika IAIN Padangsidimpuan yang telah membimbing kami selama di bangku perkuliahan, saatnya kami mengimplementasikan teori-teori perkuliahan di dunia nyata kemasyarakatan,” pungkas Ahmad Gunawan Chaniago, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan.

Dok. Humas: Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, MA (Ketua Panitia) melaporkan kondisi kegiatan KKL Tahun 2021 di hadapan unsur pimpinan dan peserta KKL IAIN Padangsidimpuan
About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.