0634-22080

Telepon Kantor

493 Mahasiswa FTIK Mengikuti Pembekalan PPL di Auditorium IAIN Padangsidimpuan

493 Mahasiswa FTIK Mengikuti Pembekalan PPL di Auditorium IAIN Padangsidimpuan
 \  Fakultas  \  493 Mahasiswa FTIK Mengikuti Pembekalan PPL di Auditorium IAIN Padangsidimpuan

493 Mahasiswa FTIK Mengikuti Pembekalan PPL di Auditorium IAIN Padangsidimpuan

Dok.Humas: Mulkeis Matondang,M.Ag (Narasumber) sedang memaparkan materi di hadapan peserta PPL FTIK IAIN Padangsidimpuan

Selasa (07/01/2020); Sebanyak 493 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan mengikuti Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di auditorium hari ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari (07-08 Januari 2020) dengan thema “Mengimplementasikan Ilmu Menuju Generasi Cerdas Berintegritas”.
“Kita berharap dengan adanya pembekalan ini, sebanyak 493 mahasiswa menjadi lebih cakap dan professional lagi. Adapun untuk lokasi PPL pada tahun ini mencakup Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan juga diperluas ke Sibolga, Tapanuli Tengah, Paluta, Palas serta Labuhan Batu Selatan. Ini menunjukkan bahwa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan semakin dikenal masyarakat Tabagsel pada umumnya,” ucap Dr. Ahmad Nizar Rangkuti,M.Si selaku Ketua Panitia PPL Tahun 2020 ini.
Harapan yang sama juga disampaikan Dr.Lelya Hilda,M.Si sebagai Dekan FTIK IAIN Padangsidimpuan yang berharap agar seluruh peserta PPL dapat mengimplementasikan ilmu dan kompetensinya serta menjaga nama baik IAIN Padangsidimpuan sebagai pendidik di lokasi masing-masing.
“Kegiatan PPL tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini anda juga akan ikut serta dalam mempromosikan FTIK (khususnya) dan IAIN Padangsidimpuan (umumnya). Tahun ini juga kita akan mengadakan olimpiade dengan pesertanya adalah siswa/siswi dari sekolah lokasi anda melaksanakan PPL,” ungkap Dr.Lelya Hilda,M.Si
“Oleh karena itu, dituntut kreatifitas dan inovasi dari anda yang melaksanakan PPL. Pada tahun ini juga Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan akan membuka program studi baru yaitu: Kimia, Fisika, Biologi dan Bahasa Indonesia,” lanjut Lelya Hilda.
Kegiatan Pembekalan PPL ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Padangsidimpuan.
Dalam arahannya, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag menyampaikan kepada mahasiswa agar terus menggali potensi mereka. Bersikap professional dalam setiap perilaku, menjadi uswah hasanah bagi kolega lainnya di lokasi sekolah.
“Ananda semua sebagai peserta PPL juga adalah duta IAIN Padangsidimpuan yang akan mengemban amanah sebagai Pendidik Sesungguhnya. Oleh karena itu jadilah anda motivator dan inspirator bagi teman-teman guru atau kolega di lokasi anda nantinya. Jaga akhlak yang baik, sehingga kehadiran anda menjadi kesan baik bagi lembaga,” tegas Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag.
Adapun narasumber yang telah diundang pada pembekalan ini adalah Mulkeis Matondang,M.Ag dan Salamat,M.Si.
Mulkeis Matondang yang juga merupakan alumni dari Pendidikan Agama Islam IAIN Padangsidimpuan ini menegaskan kembali tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, yaitu: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Spiritual dan Leadership.
Beliau juga menyampaikan kecakapan yang dimiliki di abad-20 ini. “Untuk menjadi orang sukses kita harus memiliki 4 C, yaitu: 1. Critical Thinking and Problem Solving; 2. Communication Skill; 3. Creativity dan Innovation; 4. Collaboration,” terang Mulkeis.

Dok.Humas: Sebanyak 493 Mahasiswa FTIK Mengikuti Pembekalan PPL di Auditorium IAIN Padangsidimpuan

Related Posts

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?