6  Jurnal IAIN Padangsidimpan Terakreditasi

6 Jurnal IAIN Padangsidimpan Terakreditasi

Dok.Humas: Jurnal Fitrah yang terakreditasi

Senin (26/08/2019). Perguruan Tinggi wajib melaksanakan kegiatan Tri-Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan (dan Pengajaran), Penelitian (dan Publikasi), dan Pengabdian kepada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LPPM) IAIN Padangsidimpuan merupakan lembaga yang bergerak pada 3 (tiga) bidang sekaligus tentunya memiliki responsibility yang cukup besar bagi berkembangnya Perguruan Tinggi. Dalam mendukung bidang Dharma yang kedua, Lembaga ini memiliki sebuah Pusat yang disebut dengan Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen), yang bertanggungjawab terhadap kegiatan penelitian dan publikasi.

Pada Agustus 2019 ini, seluruh pengelola jurnal yang bergabung di rumah jurnal (http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/) atas bimbingan dari Rektor juga Ketua LPPM IAIN Padangsidimpuan patut diapresiasi dengan kinerjanya.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Padangsidimpuan, Eka Sustri Harida, M.Pd. menjelaskan kepada Humas IAIN Padangsidimpuan bahwa melalui Rumah Jurnal, ada 6 jurnal di IAIN Padangsidimpuan yang telah terakreditasi SINTA.

“Alhamdulillah, atas dukungan dari Rektor juga support dari seluruh civitas akademika, kini ada 6 jurnal kita yang telah terakreditasi SINTA. Yaitu SINTA (Science and Technology Index) adalah portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek,” jelas Eka Sustri Harida.

Dok.Humas: Jurnal At-Tijaroh yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Eka juga menerangkan kepada Humas bahwa 6 jurnal yang terakreditasi adalah:

  1. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman; Pengelola LPPM IAIN Padangsidimpuan
  2. AT TIJAROH: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam; Pengelola Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam
  3. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains; Pengelola Fak. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  4. Al MASHARIF: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman; Pengelola Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam
  5. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam; Pengelola Fak. Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  6. AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan; Pengelola Fak. Syariah dan Ilmu Hukum

Apresiasi juga datang dari Rektor IAIN Padangsidimpuan yang disampaikan oleh plh.Rektor Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag.

“Kinerja dari LPPM terkhusus PUSLITPEN (Pusat Penelitian dan Penerbitan) patut diapresiasi telah berhasil mengelola jurnal menuju akreditasi,” ungkap Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini.

Sementara itu, Ketua LPPM Dr. H. Zul Anwar Ajim Harahap, M.Ag. mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi atas seluruh kinerja pengelola jurnal yang terus berjuang dalam akreditasi jurnal.

“Kami dari seluruh pengelola jurnal juga pengurus LPPM berterima kasih kepada seluruh pengelola jurnal di lingkungan IAIN Padangsidimpuan. Semoga semangat kita ini terus bisa kita impelementasikan menuju Jurnal Terakreditasi serta mendukung IAIN Padangsidimpuan menjadi kampus Cerdas Berintegritas,” pungkas Zul Anwar. (humas/trg).

Dok.Humas: Jurnal Al-Masharif yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Tags:  

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id