AICIS Ke 19 Bahas Dinamika Islam Era Digital

AICIS Ke 19 Bahas Dinamika Islam Era Digital

Dok.Humas (01/10/2019) Menkominfo Rudiantara berfoto bersama dengan, Dirjend Diktis, Rektor IAIN Padangsidimpuan Ibrahim Siregar beserta Para Rektor PTKI

Rabu (02/10/2019) Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara Membuka secara resmi penyelenggaraan Annual International Conference On Islamic Stuides (AICIS) ke 19 tahun 2019 di Ball Room Hotel Mercury pada tanggal 01 Oktober 2019 tadi malam. Kegiatan Konferensi tahunan Kementerian Agama RI ini mengangkat tema “Digital Islam, Education and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam” yang dihadiri 1.700 sarjana Muslim dari PTKI se Indonesia dan juga  berbagai negara berlangsung  mulai tanggal 01 s.d 4 Oktober 2019.

 Menkominfo dalam sambutannya menyampaikan situasi kehidupan manusia saat ini yang sangat butuh dengan ponsel.

“Saat ini zaman telah berubah. Semua urusan hidup kita sudah ada di ponsel” demikian dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Di tengah perubahan zaman yang cepat, lanjut Rudiantara, pendidikan Islam dipaksa masuk ke dalam paradigma baru. “Pengajaran saat ini tentu saja tak bisa textbook lagi. Generasi saat ini harus didorong kreatif dan selalu bertanya mengapa harus begini dan mengapa tidak begitu” katanya.

Menurut Rudiantara, pendidikan Islam dapat mengambil peran strategis sebagai imunisasi generasi muda dari hoax, fitnah dan namimah. Populasinya yang besar sangat potensial untuk mengambil peran tersebut.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin dalam sambutanya menyampaikan kondisi Pendidikan Islam Indonesia saat ini.

“Pendidikan Islam adalah ekosistem besar. Saat ini terdapat hampir seribu perguruan tinggi Islam, 72 ribu pendidikan dasar-menengah, 30 ribu pesantren, dan 7 juta madrasah takmiliyah. Dari lembaga itu terdapat 10 juta siswa, 4 juta santri, 1 juta guru, 32 ribu dosen, 500 profesor, dan 6000 doktor. “Total stakeholder pendidikan islam berjumlah 28 juta” tandas Kamaruddin.

“Bila sumberdaya yang besar ini dikelola dengan baik dan diarahkan untuk berkontribusi positif, maka hasilnya akan luar biasa,” pungkasnya.

Dok.Humas (01/10/2019) Foto Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Mhd. Darwis Dasopang, Dekan FDIK Ali Sati, Direktur PPS Erawadi pada saat pembukaan AICIS ke 19 2019

Tema-tema yang dibahas antara lain Religion and Philosophy in the Post-truth Age, Response to the Era of Disruption, Making and Consuming Islam Online: The Reconfiguration of a Discursive Tradition, dan Islam in the Digital Age Islamic Philoshopy for Millennials dengan 450 paper dari 1300 yang diseleksi.

Keynote speaker dalam konferensi ini, selain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ada Peter Mandeville (George Mason University, Virginia USA), Garry R. Bunt (University of Wales), dan Abdul Majid Hakemollahi (ICAS London)

Sementara Rektor Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Prof. Dr. Ibrahim siregar, MCL yang hadir dalam acara Open Ceremony AICIS ke 19  berpesan kepada mahasiswa dan pemuda muslim di era digital ini harus berpikir luas dan tetap mempertahankan identitasnya.

“Berpikirnya lebih luas dan dengan vision berpandangan jauh ke depan tapi dimulai dari yang lebih mikro secara bertahap akan sampai kepada Tujuan yg besar. Milestone (tahapan capaiannya) harus jelas . Dengan demikian kita dapat melakukan step demi step mengurai kerumitan dengan menyederhanakannya (simplifying a complexity)”. Pesan Rektor IAIN Padangsidimpuan kepada  Pemuda di era digital ini

“Sebagai seorang pemuda dan mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan  kita boleh menguasai berbagai ilmu dan punya keterampilan modern di era digital,  namun kita harus tetap mempertahankan identitas kita, Act  locally and thinks globaly. pungkasnya

Kegiatan AICIS ke 19 ini dihadiri 11 Pimpinan Institut Agama Islam Negeri  Padangsidimpuan yaitu Rektor, tiga Wakil Rektor, empat  Dekan, Direktur Pascasarjana, kasubbag Humas dan informasi dan ketua Dharma Wanita Persatuan.  

Dok.Humas (01/10/2019) Foto Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Ibrahim Siregar saat Pembukaan AICIS ke 19 2019 di Hotel Mercury Jakarta

 

 

 

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id