Buka PBAK Program Magister, Rektor Ajak Mahasiswa Lebih Menggali Potensi

Sabtu (24/09/2022); Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahamd Addary Padangsidimpuan (SYAHADA), Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag, hari ini membuka secara resmi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Program Magister Pascasarjana di Gedung Auditorium UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sihitang-Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru Program Magister (S-2) Pascasarjana di kampus “Cerdas Berintegritas” Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan tahun 2022.

“Marhaban, selamat datang dan selamat bergabung di kampus UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, kampusnya para Ulama yang Intelek, yang konsisten dalam mengimplementasikan paradigm Theoantropoekosentris. Kampus UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, kampus yang bersih dan elegant,” ucap Dr. H. Muhammad Adrwis Dasopang, M. Ag disambut dengan tepuk tangan meriah para peserta PBAK.

Rektor juga menyampaikan beberapa perkembangan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, setelah keluarnya Perpres Nomor 87 Tahun 2022, tentang Alih Status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Dengan beralihnya IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, kita tetap dituntut untuk mengejewantahkan Theoantropoekosentris dalam segala hal. Theo bermakna “Ke-TUHAN-an”; Antropo, yaitu “Kemanusiaan/Humanis” dan Eko, yaitu “Lingkungan atau pun miliu.” Saya berharap kepada Bapak/Ibu mahasiswa baru program Magister agar tetap terus menggali potensi dan meningkatkan mutu kualitas kita, Fastabiqul khoirot. Tahun ini juga kita telah mengusulkan beberapa nama Bapak/Ibu tenaga pendidik kita agar lulus seleksi menjadi Profesor atau pun Guru Besar. Diantara nama tersebut adalah: Saya sendiri (Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag), Bapak Dr. Syafnan Lubis, M.Pd dan Ibu Dr. Hj. Asfiati, M.Pd,” ungkap Rektor.

“Kita berterima kasih kepada Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL yang terus membimbing kita, memberikan kita banyak motivasi dan Beliau menjadi Inspirator bagi kita agar terus semangat meraih gelar Profesor,” pungkas Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag.

Sementara itu, Direktur Pascsarjana, Dr. H. Fatahuddin Azis Siregar, M. Ag dalam sambutannya memperkenalkan seluruh stakeholders yang berada di lingkungan program Magister Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Kami mengapresiasi kepada Bapak/Ibu unsur pimpinan dan juga dosen/pegawai di lingkungan program Magister Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Ekspektasi besar kita, agar semua mahasiswa baru tahun 2022 ini dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, dan membawa peradaban baru di dunia pendidikan, khususnya di wilayah Tapanuli Bagian Selatan,” ungkap Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag sembari memperkenalkan nama dan jabatan masing-masing unsur pimpinan di Program Magister UIN Syahada Padangsidimpuan.

Ketua Panitia Pelaksana PBAK, Dr. Mohd. Rafiq, S. Ag., M.A dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta PBAK Program Magister tahun 2022 ini diikuti oleh 158 peserta mahasiswa baru.
“Kepada Rektor, Direktur Pascasarjana beserta Bapak/Ibu Dosen. Melalui mimbar ini kami laporkan bahwa peserta PBAK berjumlah 158, dengan rincian sebagai berikut: 1. Pendidikan Agama Islam, berjumlah 60 orang; 2. Ekonomi Syari’ah, berjumlah 40 orang; 3. Hukum Keluarga Islam berjumlah 20 orang; 4. Komunikasi Penyiaran Islam berjumlah 8 orang dan 5. Tadris Matematika berjumlah 30 orang. Kalau dilihat dari jumlah, maka tahun ini mahasiswa baru program magister (S-2) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Ini bukti bahwa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan telah menjadi idola bagi masyarakat kita, khususnya wilayah Tabagsel sekitar,” ungkap Dr. Mohd. Rafiq, S. Ag.,M.A

Selanjutnya Dr. Mohd. Rafiq, S. Ag., M.A juga menjelaskan bahwa mekanisme dan rundown acara PBAK tahun ini akan membahas 3 aspek, yaitu 1. Pengenalan system akademik dan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2. Pengenalan serta sosialisasi budaya mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dan 3. Sosialisasi pengunaan serta pemanfa’atan Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Ada beberapa hal yang akan disampaikan pada PBAK tahun 2022 ini, yaitu : Pengenalan Akademik, dengan narasumbernya adalah Dr. Erawadi, M. Ag (Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga), selanjutnya sosialisasi dan pengenalan kode etik mahasiswa serta tugas dan fungsi mahasiswa, oleh Dr. Ikhwanuddin Harahap, M. Ag (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) dan materi terakhir yaitu tentang Pemanfa’atan Perpustakaan sebagai The Heart of University yang disampaikan oleh Yusri Fahmi, M.A (Kepala UPT. Perpustakaan) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan,” pungkas Dr. Mohd. Rafiq, S. Ag., M.A.

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.