CIRC-b-FCL:
Sebuah Model Pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi

CIRC-b-FCL merupakan suatu model pembelajaran yang dihasilkan dari proses penelitian dan pengembangan. CIRC-b-FCL merupakan singkatan dari Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Flipped Classroom Learning atau Cooperative Integrated Reading and Composition based Flipped Classroom Learning. Pembelajaran berkelompok yang terintegrasi antara membaca dan menulis serta perpaduan dengan kelas terbalik menjadi sebuah keputusan yang tepat dalam mengembangkan model pembelajaran tersebut.


Model pembelajaran CIRC-b-FCL dikembangkan berangkat dari teori konstruktivisme dan belajar tuntas. Model ini dikembangkan dalam rangka membantu penyelesaian masalah mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris khusunya reading comprehension dalam materi understanding paragraph selama masa Covid-19. Walaupun model ini dikembangkan pada masa pandemic, penulis selaku pengembang model ini meyakini bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan setiap waktu.

Ketersediaan model pembelajaran yang menjadikan mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran dan melakukan kegiatan membaca secara mandiri berpadu dengan pembelajaran yang dilakukan secara integratif menjadikan alasan model ini dikembangkan.  Integrasi antara satu keterampilan dengan keterampilan lain untuk mempersiapkan mahasiswa belajar secara tuntas melalui pembelajaran yang menyediakan tempat dan waktu yang fleksibel.

Model pembelajaran CIRC-b-FCL berasal dari penggabungan dua model pembelajaran yakni CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan FCL (Flipped Classroom Learning) (Asrifan et al., 2021; Bergmann & Sams, 2012; Harida, 2021c). Sebagai sebuah model pembelajaran yang baik, maka hendaknya memiliki sintak yang jelas dan sistematik yang harus diikuti oleh pengguna model. Sebagaimana yang dikatakan oleh Weil, et al (2015) bahwa sebuah model pembelajaran yang baik haruslah mempunyai sistematika pembelajaran yang berstruktur dan tertata dengan sistematik. Oleh karena itu maka model pembelajaran CIRC-b-FCL ini juga memiliki sintaks yang pasti dan runut sesuai dengan tuntutan pembelajaran.


Kontributor : Subroto Siregar
Fotografer : Subroto Siregar
Editor : H. Ratonggi, M. A

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.