Dai Muda Era Milenial dari Alumni FDIK

Dai Muda Era Milenial dari Alumni FDIK

Herman Harahap adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan suami istri Rasudin Harahap dan Asmawati Hutasuhut . Sebuah keluarga kecil sederhana yang tinggal di Desa Aek Lubuk, Kecamatan Angkola Barat Tapanuli Selatan. Sehari-harinya kehidupan herman dan keluarga, jauh dari kata kemewahan, mereka keluarga kecil yang sederhana tapi penuh dengan kasih sayang ibu dan ayahnya. Melalui kasih sayang itu, herman tumbuh menjadi orang yang berkepribadian mandiri, dan berdedikasi.

Pertama kali ingin kuliah herman meminta izin untuk kuliah kepada kedua orangtuanya. Secara pribadi ia memang tidak mengharapkan akan bantuan materil untuk membiayai kuliah. Menurutnya restu orangtualah yang dibutuhkan agar jalan yang ia tempuh selama kuliah mendapat keberkahan. Dengan hanya bermodalkan keyakinan dan usaha yang disertai skill computer yang ia miliki ia pun dengan berani mendaftarkan diri ke IAIN Padangsidimpuan. Ia diterima di Jurusan Bimibingan Konseling Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Selama menjalani masa kuliah herman hidup dengan kemandirian, kuliah sambil bekerja inilah yang menjadikannya banyak meraup berbagai pengalaman hidup yang pahit dan manis. Ia mengajar mengaji di masjid, rumah, dan di Madrasah Diniyah Takmiliyah serta mengajar privat ke rumah-rumah. Sepulang kuliah ia bekerja di menjadi instruktur computer di UNIFA Komputer dari tahun 2014-2017, bekerja di sekretariat MUI Kota Padangsidimpuan dan menjadi khatib di berbagai masjid di Kota Padangsidimpuan. Serta pernah berternak ayam demi menopang kebutuhannya selama kuliah di IAIN Padangsidimpuan.

Herman juga menjadi salah satu penerima beasiswa Uang Kuliah Tunggal sehingga dapat membantu meringankan beban kuliahnya. Selain itu, tercatat dalam berbagai aktivitas di kemahasiswaan herman merupakan salah satu aktivis dakwah yang giat dan tekun. Ia pernah menjadi Ketua Bidang Dakwah Ikatan Mahasiswa Angkola Barat 2014-2016,Ketua PIK R-M Al-Isyrof Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi periode 2014-2015, moderator Seminar Ilmiah Mahasiswa BKI Tahun 2014, MC wisuda IAIN Padangsidimpuan tahun 2014, panitia Seminar Internasional Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Tahun 2015. Sekretaris Pandu Tani Indonesia Cabang Padangsidimpuan 2016-2018.

Ilmu dakwah dan konseling yang dikuasainya menempa dirinya menjadi dai yang handal bagi generasi milenial saat ini. Kemampuan itupun menjadikannya narasumber pada Kegiatan Sosialisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Padangsidimpuan dan narasumber Kegiatan Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan.

Herman Harahap bercita-cita sebagai pengusaha dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana sekaligus sebagai pendakwah yang sukses dalam berjuang di era milenial. Semoga dengan perjuangannya dalam meraih cita-citanya layak menjadi contoh teladan bagi kita semua.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id