IAIN Padangsidimpuan Gelar Seminar Ilmiah “Arah Kebijakan Pengembangan Kelembagaan PTKIN”

IAIN Padangsidimpuan Gelar Seminar Ilmiah “Arah Kebijakan Pengembangan Kelembagaan PTKIN”

Dok.Humas: Prof.Dr.H.Ibrahim Siregar,MCL (Rektor) membuka Seminar Ilmiah yang dihadiri oleh Kasubdit Kelembagaan Dan Kerjasama Kementerian Agama RI

Ahad (16/02/2020); Dalam rangka menguatkan eksistensi lembaga, IAIN Padangsidimpuan menggelar Seminar Ilmiah dengan menghadirkan Muhammad Adib Abdushomad, M. Ag.,M.Ed., Ph.D (Kasubdit Kelembagaan Dan Kerjasama Kementerian Agama RI) sebagai narasumbernya, Sabtu (15/02).

Kegiatan Seminar Ilmiah tentang Arah dan Kebijakan Pengembangan Kelembagaan PTKIN ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor juga unsur pimpinan di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan konsep Theoanthropoekosentris merupakan satu kesatuan dalam mengabdi juga menciptakan peradaban.

“Theoanthropoekosentris adalah konsep filosofis yang mengintegrasikan tiga komponen dalam menciptakan peradaban, yaitu konsep Ilahiyyah, humanisme dan environment. Kita sebagai civitas akademika juga mengemban amanah sebagai hamba (‘Abd) juga Khalifah dalam mengelola bumi. Oleh karena itu, arah dan pengembangan IAIN Padangsidimpuan ini didasari atas konsep tersebut. Disamping kita juga tetap menjaga kebudayaan lokal (Think Globally; Act Locally),” tegas Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL

Beliau juga berharap agar transformasi IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) adalah transformasi totalitas secara kuantitas juga mutu kualitasnya.

Muhammad Adib Abdushomad, M. Ag.,M.Ed., Ph.D (Kasubdit Kelembagaan Dan Kerjasama Kementerian Agama RI) yang menjadi narasumber pada acara tersebut berlanjut pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi mahasiswa Himadiksi dan Mahasantri/Mahasantriah dengan thema “Melalui Pelatihan dan Pendidikan Moderasi Beragama Akan Terwujud Mahasiswa Yang Memiliki Pola Pikir Moderat Dalam Bingkai Kampus Yang Cerdas Berintegritas” di Auditorium IAIN Padangsidimpuan.

Kasubdit Kelembagaan Dan Kerjasama Kementerian Agama RI berharap agar Generasi Milenial (Mahasiswa;red) memiliki pola pikir dan sifat yang moderat dalam beragama serta menjaga keutuhan NKRI.

“Sebagai generasi milenial, maka anda dituntut untuk banyak menggali informasi sehingga dapat memfilter beberapa hate-speech juga Hoaks yang saat ini banyak beredar di smartphone kita. Saya mengapresiasi atas kinerja IAIN Padangsidimpuan dibawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL (Rektor) yang telah membuat terobosan program Ma’had Jamiah di IAIN Padangsidimpuan. Dengan mengikuti program Ma’had Jamiah seluruh mahasiswa baru akan teerus dibekali kemampuan bahasa asing (Arab & Inggris) sebagai kunci untuk membuka khazanah keilmuan serta pendidikan al-Qur’an juga Karakter. Dengan demikian, saya Haqqul Yaqin wa ‘Ainul Yaqin bahwa IAIN Padangsidimpuan akan mampu membangun peradaban umat ini,” ungkap pria kelahiran Pekalongan ini yang sekarang menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Mas Adib, sapaan akrab dari Muhammad Adib Abdushomad, M. Ag.,M.Ed., Ph.D yang juga memiliki ribuan prestasi antara lain, Beliau adalah Siswa Teladan ke-2, se-kota Pekalongan saat menempuh pendidikan SLTA, juga meraih predikat sebagai Wisudawan Terbaik saat kuliah sarjana di IAIN Walisongo serta juga meraih beasiswa dan menyelesaikan S3 (Ph.D), Social and Policy Studies, di Flinders University dengan masa perkuliahan tercepat selama 3.5 tahun dari waktu yang diberikan 4 tahun. Pada kesempatan ini memotivasi ± 500 mahasantri/mahasantriah yang hadir di acara tersebut.

“Anandaku, ketahuilah sesungguhnya keberhasilan itu tidak terlepas dari selalu positive thinking, optimistik menatap masa depan dengan rumus “Transendensi Ilahi Robbi”. Sebab segala sesuatu pasti melalui proses dan campur tangannya ALLAH,” pungkas Beliau. (humas/trg)

Dok.Humas: Muhammad Adib Abdushomad, M. Ag.,M.Ed., Ph.D (Kasubdit Kelembagaan Dan Kerjasama Kementerian Agama RI) memotivasi mahasantri/mahasantriah Ma’had Jamiah IAIN Padangsidimpuan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Sebelumnya

Ayo Berlangganan

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id