IAIN Padangsidimpuan Perkuat Sinergitas antara Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan dalam Bidang Hukum dan Pendidikan

Kamis, 16/07/2020. Rektor  IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dan jajarannya menerima kunjungan resmi dari Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan beserta rombongan di ruang kerja Rektor pada Kamis 16 Juli 2020. Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Hendri Silitonga, SH. MH. Didampingi Kasi Intelijen Kejari Padangsidimpuan, Sonang Simanjuntak, SH bersama dengan jajarannya diterima dengan hangat dan penuh kekeluargaan.

Foto: Rombongan Kejari Padangsidimpuan Bersama dengan Jajaran Pimpinan IAIN Padangsidimpuan di Ruang Kerja Rektor

 

Kunjungan dari Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan ini merupakan prorgam kerja untuk menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, dan berbagai pihak lainnya di wilayah kota Padangsidimpuan, termasuk IAIN Padangsidimpuan sebagai institusi pendidikan tinggi Islam. Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL menjelaskan kepada Humas IAIN Padangsidimpuan bahwa kunjungan resmi dari Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan ini sangat penting bagi IAIN Padangsidimpuan sebagai mitra penting bagi institusi, terutama bagi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dengan berbagai program studinya.

Selama dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah kerjasama antara IAIN Padangsidimpuan dengan Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan dengan beberapa poin penting diantaranya adanya bahwa Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan siap memberikan bantuan hukum, pelayanan hukum, serta pendampingan hukum terkait dengan tata usaha negara, administrasi, realisasi anggaran, dan kerjasama di bidang edukasi hukum dalam rangka menyelematkan anak bangsa.

Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, Hendri Silitonga, SH. MH dalam kunjungan menyampaikan amanah pesan dari Kejaksaan Republik Indonesia, bahwa diharapkan Kejaksaan di seluruh Indonesia dapat menjalin kerjasama, bersinergitas dengan berbagai instansi terkait dalam rangka pengakan hukum di daerah.

“Kejaksaan Republik Indonesia melalui bapak jaksa agung sangat mengharapkan  bahwa kejaksaan di seluruh Indonesia  bisa bekerjasama, bisa bersinergitas, terkait dengan penegakan hukum di daerah ini, sebagai mitra untuk membangun daerah ini dari aspek moral maupun dari aspek edukasi.” Terang Hendri kepada Humas.

Pada kunjungan kali ini, Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, Hendry menjelaskan bahwa MOU dengan IAIN Padangsidimpuan bisa dalam konteks pendampingan hukum dan bantuan hukum terkait dengan perdata dan tata usaha negara. Lebih lanjut Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan menegaskan siap melakukan pendampingan dalam berbagai kegiatan realiasasi anggaran agar tidak ada keraguan hukum dalam rangka pembangunan kampus ke depannya.

“Kita akan selalu mendampingi mereka (IAIN Padangsidimpuan) dari aspek hukum dan ketaatan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Intinya kejaksaan akan selalu berbuat yang terbaik untuk mendampingi kegiatan-kegiatan yang ada di IAIN Padangsidimpuan ini dengan sasaran agar tidak terjadi kesalahpahaman atau keragu-raguan dalam menyelenggarakan pembangunan dan kegiatan sosialisasi pemberantasan narkoba untuk menyelematkan anak bangsa”. jelas Hendri

Foto: Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidmpuan dengan Rektor IAIN Padangsidimpuan beserta para wakil rektor

Tercatat, sebagaimana waktu yang lalu IAIN Padangsidimpuan sebagai perguruan tinggi Islam telah menandatangi MOU dengan Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan pada Januari 2020 dalam rangka Penegakan Hukum, Bantuan Hukum dan adanya upaya peningkatan Kualitas Lulusan IAIN Padangsidimpuan. (baca selengkapnya) MOU tersebut telah direalisasikan dengan berbagai pendampingan hukum melalui penguatan pendidikan, terbukti dengan adanya sosialisasi, seminar dan baliho yang telah publikasikan. (baca selengkapnya) Hingga saat ini jalinan kerjasama tersebut masih terus dilanjutkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?