IAIN Padangsidimpuan Sudah Waktunya Menjadi UIN

IAIN Padangsidimpuan Sudah Waktunya Menjadi UIN

Dok.Humas (22/12/2019) Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Drs. H. Marwan Dasopang, M.Si meninjau pembangunan Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan setelah selesai acara Focus Group Discussion Transformasi Kelembagaan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN

Senin(23/12/2019) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui Wakil Ketua Komisi VIII Drs. H. Marwan Dasopang, M.Si menyatakan sudah waktunya Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Drs. H. Marwan Dasopang, M.Si, secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap percepatan proses transformasi kelembagaan IAIN menjadi UIN. Dukungan dan komitmen itu disampaikan kepada Civitas Akademika IAIN Padangsidimpuan pada acara Focus Group Discussion Transformasi Kelembagaan IAIN Padangsidimpuan menjadi  UIN pada tanggal 22 Desember 2019 di Aula Rektorat IAIN Padangsidimpuan.

“Saya Berjanji akan mengawal Proses Transformasi IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN, dan Priode ini IAIN Padangsidimpuan harus jadi UIN” kata Wakil Ketua Komisi yang membidangi Agama dan Sosial ini.

Menurut Marwan, dukungan tersebut sangatlah realistis dan rasional. Secara eksternal marwan merujuk kepada fakta yang menyebutkan bahwa penduduk daerah Tapanuli bagian selatan mayoritas muslim sekitar 98%. Alumni pesantren Al Mukhtariyah Sungai Dua Padang Lawas Utara ini, melihat di daerah yang terkenal dengan sebutan Angkola dan mandailing, perkembangan pesantren dan madrasah selalu menggembirakan. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat sangat membutuhkan lembaga pendidikan yang bisa menyahuti kebutuhan masyarakat.

“Penduduk yang mayoritas muslim di Tapanuli bagian Selatan dan animo masyarakat menitipkan anaknya ke Pesantrendan Madrasah serta melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi STAIN/IAIN/UIN menjadi perhatian serius bagi saya sebagai putra daerah untuk mendukung status IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN”, ujar alumni Pesantren ini dengan penuh optimis.

Marwan Dasopang  sebagai santri pondok pesantren di Tapanuli Slatan beliau punya kepedulian terhadap lembaga-lembaga pendidikan keagamaan dengan demikian dapat dipahami kegigihan beliau dalam memperjuangkan legislasi UU RI No 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, maka sejalan dengan itu beliau berharap adanya Universitas yang besar dan berkualitas untuk menampung alumni pesantren dan Madrasah tersebut di Daerah Tapanuli Bagian Selatan.

“Ya semangat Undang-undang No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, ini memberikan hak kepada pesantren, maka untuk menjadikan alumni pesantren dan madrasah berperan lebih maksimal lagi, maka pilihannya adalah meningkatkan Status IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN dan menjadikan pusat kecerdasan dalam membangun peradaban dunia”tegas Wakil Ketua Komisi VIII yang membidangi Agama dan Sosial ini.

Ia juga berharap dengan Transformasinya IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN nantinya akan menjadikan Kota Padangsidimpuan menjadi Pusat Pendidikan.

“Kita berharap dengan IAIN Padangsidimpuan Menjadi UIN, menjadikan Kota  Padangsidimpuan menjadi Pusat Peradaban Pendidikan yang menjadi pilihan generasi muda dari berbagai daerah untuk menuntut Ilmu ke UIN Padangsidimpuan nantinya” harapnya.

Dalam kesempatan yang penuh akrab dan kekeluargaan itu setelah selesai acara Focus Group Discussion Transformasi Kelembagaan IAIN Padangsidimpuan menjadi  UIN, Marwan Dasopang juga dibawa meninjau lokasi IAIN Padangsidimpuan, ia merasa bangga melihat perkembangan IAIN Padangsidimpuan saat ini.

“Secara internal, saya sangat kagum melihat perkembangan IAIN Padangsidimpuan saat ini. Semangat membangun baik Akademik maupun Infrastrukur dari Rektor dan civitas akademikanya semakin meyakinkan saya untuk mendukung hajat transformasi IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN”. Ujar Marwan Dasopang saat meminjau Lokasi IAIN Padangsidimpuaan

Sementara itu, Rektor IAIN Padangsidimpuan sebelumya menyampaikan rasa syukur mendapat kunjungan dari salah seorang putra daerah yang saat ini duduk di DPR RI dan sekaligus melaporkan perkembangan IAIN Padangsidimpuan saat ini.

“Kita bersyukur Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI abanganda Drs. H. Marwan Dasopang, M.Si, hadir di IAIN Padangsidimpuan dalam rangka menyapa  kita, yang merupakan juga bagian dari daerah pemilihannya dan sekaligus melihat perkembangan kampus ini. Kita berharap kehadiran Wakil Ketua komisi VIII di IAIN Padangsidimpuan dapat memberi energy baru buat saya khususnya dan buat Civitas Akademika secara umum ” terang Guru Besar bidang Muamalah/Hukum Ekonomi Syariah tersebut. sekaligus menyampaikan kondisi IAIN Padangsidimpuan terkini yang akan bertransformasi menjadi UIN.

Dok.Humas (22/12/2019) Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof.Dr. H. Ibrahim Siregar Menyerahakn Cendera Mata kepada Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Drs. H. Marwan Dasopang, M.Si seusai acara Focus Group Discussion Transformasi Kelembagaan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Sebelumnya

Ayo Berlangganan

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id