Jawara Peraih Gelar Sarjana

Jawara Peraih Gelar Sarjana

Jalauddin Nasution adalah mahasiwa IAIN Padangsidimpuan yang menjadi atlet Pencak Silat yang telah memperoleh juara ditingkat propinsi se-Sumatera sejak tahun 2014 hingga tahun 2018. Ia adalah alumni yang memiliki prestasi yang telah mengharumkan nama baik IAIN padangsidimpuan. ketertarikannya dalam seni bela diri pencak silat berawal dari dorongan dari guru yang melatihnya, Haji Imran Syah Ritonga di Peguruan tapak suci Muhammadiyah Cabang Padangsidimpuan. Kehidupan keluarga Jalaluddin di Desa Ujunggurap Padangsidimpuan Batunadua yang sederhana jauh dari kemewahan. Ia merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara, Ibunya berkerja sebagai pedagang kaki lima di Sekitar Rajawali Kota Padangsidimpuan sedangkan ayahnya bekerja sebagai petani di Desa Ujunggurap. Meski dengan keterbatasan ekonomi keluarga Jalaluddin yakin akan bahwa rezki tak terduga diberikan Allah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Perjuangan ibunya sebagai pedagang kaki lima tidak membuat Jalal merasa malu dan minder, ia juga membantu orangtuanya berjualan kala ada waktu luang. Ia menemani orangtuanya untuk berjualan di kaki lima rajawali padangsidimpuan. Untuk itu, orangtua yang selalu mendukungnya, selalu mendoakannya, agar selalu menjadi anak yang sukses dalam perkuliahan dan diberikan keberkahan. Tidak hanya itu dukungan dari saudaranya juga sangat membantunya.

Kehidupan keluarga yang kurang mampu menjadikannya harus berjuang demi melanjutkan perkuliahan dengan mencari pemasukan untuk membantu meringankan biaya perkuliahan. Ia juga bekerja mengabdikan di Perguruan Pencak Silat dengan membersihkan dan menjaga lapangan tembak perbakin, dan melatih beladiri pencak silat Indonesia di beberapa cabang di Kota Padangsidimpuan. Selain itu Ia juga banyak dibantu oleh Guru silatnya Haji Imran Syah Ritonga dalam perkuliahan termasuk motivasi dan nasehat yang memberikan semangat dalam berjuang layaknya sang jawara sejati.

Jalaluddin Nasution juga dikenal mahasiswa rajin belajar dan banyak dukungan akademik dari Fatahuddin Aziz Siregar Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Hal ini karena ia merupakan mahasiswa yang telah berprestasi terutama di bidang Seni Bela diri Pencak Silat. Ia pernah menjadi juara di Porwusu Tahun 2014, Kejuaran Nasional Tapak Suci tahun 2018, menjadi Utusan IAIN Psp atlet pada Pionir tahun 2017dan PKM se-Sumatera tahun 2018. Dengan prestasinya tersebut ia pernah diangkat menjadi wasit juri pencak silat wilayah sumatera utara angkatan 2017.

Berikut video lengkapnya….

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id