Kegiatan Diklatpimnas Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Raih Predikat Terbaik

Rabu (30/12/2020) IAIN Padangsidimpuan. Melansir dari Kemenag.go.id bahwa Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (Diklatpimnas) bertujuan untuk melahirkan para pemimpin mahasiswa millenial yang memiliki komitmen kuat pada nilai-nilai keislaman yang moderat dan nilai-nilai keindonesiaan. Kegiatan ini diselenggarakan dengan cara online dari tanggal 20-26 Desember 2020 dan dilanjutkan secara offline 28-30 Desember 2020 dengan total 70 Jam Pelajaran.
Henni Marito Siregar yang menjadi salah satu utusan mahasiswa dari IAIN Padangsidmpuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berhasil meraih predikat peserta terbaik dalam kegiatan tersebut. Penganugerahan peserta terbaik berlangsung di hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta pada Hari Rabu 30 Desember 2020. Pengahargaan diserahkan langsung oleh Menteri Agama RI Gus. Yaqut Chalil Qoumas.

Foto: Henni Marito Siregar Menerima Penghargaan pada Diklatpimnas

Dijelaskan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Sumper Mulia Harahap bahwa acara Diklatpimnas tersebut merupakan sumber untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk dapat menimba pendidikan dan pelatihan kepemimpinan.
“Seorang pemimpin harus memiliki kekhasan dan karakter yang unggul, baik dalam konteks leadership, manajerial, kerja tim, kreatif dan inovatif, kolaboratif dan komunikatif dan juga mampu membangun jejaring kerjasama. Seseorang pasti memiliki kapasitas kepemimpinan yang akan menentukan wajah organisasi lembaga yang dipimpinnya. Dan diantaranya yang paling penting adalah kemampuan networking building (membangun jejaring kerjasama)” Jelas Dr. Sumper Mulia Harahap dalam keterangannya kepada Humas.
Henni yang sapaan akrabnya ini berasal dari Kabupaten Padang Lawas, Desa Sihaborgoan Dalan ini telah bergelut di bidang organisasi kemahasiswaan di Kampus. Ia adalah mahasiswi semester ke 7. Sosok Henni lebih dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam Wadah Kreasi Seni dan Budaya di Kampus IAIN Padangsidimpuan, melalui wadah ini memiliki minat dan bakat dibidang seni tarik suara, hingga ia terpilih menjadi member dari Paduan Suara IAIN Padangsidimpuan. Terpilih sebagai peserta terbaik dalam kegiatan nasional memiliki arti tersendiri baginya. Ia merasa bersyukur dapat menjadi duta kampus dalam rangka pelatihan pendidikan dan kepemimpinan mahasiswa.

“Alhamdulillah, saya terharu dan bersyukur sekali, terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah mempercayai saya sebagai peserta terbaik / juara diklatpimnas tahun 2020. Diklatpimnas ini sangat besar maknanya buat saya untuk meniti masa depan yang lebih kompetitif. Terimakasih saya ucapkan secara khusus tentunya kepada bapak Menteri Agama, bapak Dirjend dan Jajaran, kepada bapak Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL serta bimbingan dan arahan dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan kerjasama IAIN Padangsidimpuan Dr. Sumper Mulia Harahap, M. Ag atas kesempatan yang telah diberikan.” Jelas Henni.

Harapannya kedepan kegiatan Diklatpimnas ini dapat menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang moderat, dan memiliki semangat keislaman dan keindonesiaan di masa depan. “Buat mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia, tetap semangat dalam berproses. Dengan harapan kegiatan yang sama DIKLATPIMNAS ke-2 dapat terselenggara di tahun mendatang, sehingga mampu menciptakan generasi pemimpin yang bertanggung jawab, visioner, dan toleran tentunya”. Tulis Henni dalam keterangannya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.