Kemnaker RI Laksanakan Diklat Wirausaha Teknologi Tepat Guna di IAIN Padangsidimpuan

Padangsidimpuan 17/12/2020. Kementerian Ketenagakerjaan RI melaksanakan Diklat pelatihan tentang wirausaha bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan selama tiga hari pada tanggal 17-19 Desember 2020. Tempat pelatihan dilaksanakan di gedung FDIK. Dalam pembukaan kegiatan dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Drs. Marwan Dasopang, MSi serta unsur pimpinan dari IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini menargetkan adanya kemampuan skill mahasiswa dalam berwirausaha serta akses permodalan bagi peserta terbaik yang terpilih.

Dalam rangkaian kegiatan pembukaan Rektor IAIN Padangsidimpuan menyambut dengan penuh semangat atas kehadiran Pemerintah (kemenarker) dan Drs. Marwan Dasopang, M.Si hadir dalam menyahuti pentingnya kewirausahaan bagi para mahasiswa. Rektor dalam paparannya menyebutkan bahwa Kegiatan Kewirausahaan adalah sebagai bentuk pendidikan yang sangat penting dan relevan bagi generasi mudah dan civitas akademika IAIN Padangsidimpuan.

“Saya melihat kegitan ini adalah rezki, sangat relevan, sangat kita butuhkan untuk penguatan generasi, penguatan civitas akademik kita, alumni IAIN Padangsidimpuan dari sisi kewirausahaan, apalagi ini ada digitalnya,” Paparnya.

Rektor juga menyinggung pentingnya kewirausahaan ini adalah jawaban permasalahan para alumni selama ini, dimana para alumni pada dasarnya juga tidak hanya mampu secara akademik tetapi juga memiliki kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan kreativitasnya. Menurutnya melalui kegiatan ini seorang lulusan akan mampu menyahuti perkembangan teknologi dan globalisasi serta mampu berkompetensi di dunia kerja.

“Kami berharap kegiatan ini, semoga dapat menguatkan lulusan alumni sehingga bisa menyahuti perkembangan global dan bisa melihat dunia kerja dengan memperbanyak acara-acara seperti ini.” ujar Rektor.

Doc Humas. Penyerahan Bantuan Diklat Wirausaha Teknologi Tepat Guna

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DRP RI, Drs. Marwan Dasopang, MSi menyampaikan bahwa salah satu tugas dari DPR RI adalah menyerap aspirasi masyarakat. Dimana mayarakat dapat mengajukan dan membuat petisi dalam rangka apa yang dibutuhkannya. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya percepatan penguatan sumber daya manusia di Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam hal ini telah membentuk program BLK Komunitas dan Pelatihan-Pelatihan Kewirausahaan yang bertujuan untuk meningkatkan inovasi dalam membangun lapangan pekerjaan.

“Dunia pesantren, dunia kita ini dia (Menteri Kemnaker RI, Ida Fauziyah) memahaminya sehingga dia memperkuat Balai Latihan Komunitas dan Pelatihan-Pelatihan. Sumber daya manusia perlu dipercepat sehingga punya inovasi, punya kemampuan untuk membangun lapangan pekerjaan, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain, maka itulah hari ini dibuat kegiatan diklat kewirausahaan.” papar Marwan Dasopang.

Drs. Marwan Dasopang, MSi juga secara simbolis juga menyerahkan bantuan kegiatan pelatihan Kemnaker RI kepada ketua Panitia, Muhammad Ali Siregar, S.Ag yang juga sebagai Ketua Badan Silaturrahim Pondok Pesantren Sumatera Utara Kota Padangsidimpuan yang bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh para peserta sebanyak 20 orang dan beberapa unsur pimpinan dari berbagai Fakultas. Terlihat bahwa kegiatan ini dilaksanakan sangat terbatas mengingat pentingnya protokol kesehatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.