Konseling Di Era Disrupsi: Nomophobia Dimasa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak bisnis dan proses kerja terutama bidang pendidikan perlu menyesuaikan diri dengan kondisi situasi yang ada, organisasi harus memiliki kemampuan untuk berubah dengan cepat dan drastis. Hal ini merupakan situasi yang biasa kita kenal dengan VUCA.

SyafriantoTambunan, M.A.


Kita sadari atau tidak bahwa teknologi sudah sangat merubah pola kehidupan, beberapa ilmuwan atau pun tokoh yang concern melihat kondisi ini menyebutnya sebagai era disrupsi, era disrupsi adalah sesuatu yang mencabut semua dari akar-akarnya yang merupakan fenomena ketika masyarakat menggeser aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata beralih ke dunia maya. Dikuatkan pada fenomena abad ke-21, dunia dikejutkan hadirnya wabah virus corona (pandemi covid-19). Pemerintah telah membuat suatu kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus ini salah satunya adalah gerakan social distancing, hampir seluruh aktivitas manusia menggunakan teknologi dan internet khususnya telepon pintar yang sering kita sebut sebagai smartphone, teknologi sangat berpengaruh dalam membantu kehidupan di masa pandemi
Pandemi Covid-19 telah membuat banyak bisnis dan proses kerja terutama bidang pendidikan perlu menyesuaikan diri dengan kondisi situasi yang ada, organisasi harus memiliki kemampuan untuk berubah dengan cepat dan drastis. Hal ini merupakan situasi yang biasa kita kenal dengan VUCA, yaitu Voltality adalah dinamika perubahan yang sangat cepat dalam berbagai hal seperti sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik. Uncertainty karena sulitnya memprediksi isu dan peristiwa yang saat ini terjadi, Complexity merupakan keadaan yang sangat kompleks karena banyaknya hal yang sulit diselesaikan, dan Ambiguity yaitu keadaan yang terasa mengambang dan kejelesannya masih dipertanyakan (Inasha Dewi Yantiningtyas, 2020:9).
Perubahan-perubahan skala makro telah terjadi sehingga mengubah tatanan,hubungan antara individu dengan individu, individu dengan sosial, individu dengan karier, individu dengan belajar, dan individu dengan keluarga dilakukan secara normal sekarang sudah beralih kepada era new normal yang dilakukan secara daring. Kebijakan Pemerintah (Pshyical Disancing/Social Disancing) dimulai tahun 2020 khsususnya bidang Pendidikan dimulai dari TK/PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi yang dilakukan tatap muka dianjurkan belajar dari rumah secara daring/online (Mendikbud, Surat Edaran No.4).

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Penting

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2021
4 August 2021
Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana
12 July 2021
Pengumuman Tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS di IAIN Padangsidimpuan
9 July 2021
Dilelang Berbagai Jenis Barang Inventaris Kantor
28 June 2021
Dilelang 1 Unit Micro Bus Mitsubisi Tahun 2003
24 June 2021