Kuatkan Kompetensi Mahasiswa, IAIN Padangsidimpuan Gelar Praktek Peradilan Semu

Kuatkan Kompetensi Mahasiswa, IAIN Padangsidimpuan Gelar Praktek Peradilan Semu

Dok.Humas: Dr.Arsad Nasution,M.Ag (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FASIH) didampingi Dr.Ikhwanuddin Harahap,M.Ag (Wakil Dekan bidang Akademik FASIH) dan Dermina Dalimunthe,SH.,MH (Ketua Jurusan HTN) membuka kegiatan Praktek Peradilan Semu Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan

Senin (04/11/2019); Dalam rangka memperkuat kompetensi dan menciptakan lulusan yang professional, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH) IAIN Padangsidimpuan menggelar Praktek Sidang Semu Mahasiswa, selama dua hari berturut-turut Senin-Selasa (04-05 November 2019) di aula Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan.

Kegiatan Praktek Sidang Semu ini diikuti oleh mahasiswa semester III dan V Program Studi Hukum Pidana Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syari’ah dan Ahwalus Syakhsiyah.

“Praktek Peradilan Semu ini diperuntukkan kepada mahasiswa prodi Hukum Pidana Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syari’ah dan Ahwalus Syakhsiyah dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi sesuai bidangnya masing-masing. Terutama dalam profesionalitas seorang hakim, advokat ataupun praktisi hukum. Sesuai dengan thema yaitu Menempa Moralitas Dan Kemahiran Hukum Mahasiswa Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan Menuju Profesi Hukum Yang Bermartabat Dan Profesional,” ungkap  Dermina Dalimunthe, SH.MH (Ketua Jurusan HTN)

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FASIH IAIN Padangsidimpuan ini menghadirkan para praktisi hukum dan peradilan Kota Padangsidimpuan, tercatat Tris Widodo, SH.,MH dan Bandaharo Saifuddin,SH.,MH (utusan dari DPC PERADI Kota Padangsidimpuan) sebagai narasumber juga instruktur dalam Praktek Peradilan Semu tersebut.

Dalam sambutannya, Dr.Muhammad Arsad Nasution,M.Ag mengucapkan terima kasih kepada para dosen pengampu mata kuliah Praktek Peradilan dan Hukum yang telah membimbing mahasiswa selama di kelas.

“Seluruh unsur pimpinan di Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan berterima kasih kepada Rektor dan pimpinan lainnya yang telah mendukung berlangsungnya kegiatan ini, berterima kasih juga kepada dosen yang telah membimbing mahasiswa selama di dalam kelas, terlebih kepada Bapak Tris Widodo,SH.,MH dan Bapak Bandaharo Saifuddin,SH.,MH yang terus bersemangat membimbing mahasiswa peserta Praktek Peradilan Semu ini,” ungkapnya.

“Harapan kita, dengan kegiatan ini mahasiswa kita lebih berkompeten dan professional dalam bidangnya,” lanjut Arsad Nasution.

Sementara itu, Tris widodo, SH.,MH menyampaikan bahwa dengan adanya praktek peradilan semu merupakan implementasi dari teori-teori hukum yang telah dipelajari mahasiswa di dalam kelas.

“Praktek Peradilan Semu ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa dalam mengamalkan teori-teori yang telah didapatkan selama dalam kelas, dengan harapan mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan dapat menjadi agen-agen hukum yang memberikan penjelasan dan pencerahan kepada masyarakat perihal hukum juga tata cara persidangan,” jelas Tris Widodo

Hal ini juga diperkuat dengan penjelasan Bandaharo Saifuddin, SH.,MH yang mengatakan bahwa Simulasi Peradilan Semu ini bertujuan untuk menunjang kegiatan akademisi dan praktisi yang dijiwai pengamalan dan pengabdian ilmu hukum kepada masyarakat. (humas/trg).

Dok.Humas: Pembukaan Praktek Sidang Semu Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan yang dihadiri oleh DPC PERADI Kota Padangsidimpuan

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id