Matematika Amal Di Bulan Ramadhan

Setiap orang, ketika beribadah dan beramal tentu tujuannya adalah ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT. Seberapa besar pahala yang akan diperoleh tentu bergantung pada bagaimana ibadah dan amal itu dilakukan.

Dr. Suparni, S.Si., M.Pd.


Baru saja umat Islam memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, yang penuh keutamaan dibanding bulan yang lain. Pada bulan ini umat Islam melaksanakan ibadah utama yang merupakan ibadah wajib, yakni berpuasa. Berpuasa berarti menahan diri dari makan dan minum dan yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain menahan haus dan lapar, umat Islam juga menahan nafsu yang dapat membatalkan pahala puasa tersebut.
Setiap orang, ketika beribadah dan beramal tentu tujuannya adalah ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT. Seberapa besar pahala yang akan diperoleh tentu bergantung pada bagaimana ibadah dan amal itu dilakukan. Bagaimana kualitas amal serta ibadah dan berapa kuantitas ibadah dan amal yang dikerjakan. Bahkan juga tergantung pada tinggi rendahnya kepayahan (masyaqah) dalam melaksanakannya. Bagi umat Islam ada satu anugerah yang sangat besar yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya, yaitu berupa anugerah satu bulan yaitu bulan Ramadhan yang di dalamnya banyak keistimewaan dan keutamaan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda sbb “Jika umatku tahu nilai yang ada dalam bulan Ramadhan, maka pasti mereka berharap seluruh bulan menjadi bulan Ramadhan”. Rasulullah SAW juga bersabda, “Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan.” (HR Muslim). Bulan Ramadhan adalah bulan mulia yang selalu dinanti-nanti oleh umat Islam. Pada bulan Ramadhan ini banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat Islam. Selaku umat Islam sudah selayaknyalah mengetahui apa saja keutamaan-keutamaan atau fadhilah dari setiap amalan ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini. Dengan memahami keutamaan atau fadhilah amal ini hendaknya akan menjadi penyemangat atau menambah motivasi/ dorongan diri kita dalam meningkatkan kualitas atau memperbanyak ibadah di bulan mulia yang penuh berkah dan keutamaan ini. Ini semua tentu saja tidak lain dan tidak bukan adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
Bulan ramadhan disebut juga sebagai bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya :”Sungguh telah dating kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya.

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Penting

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2021
4 August 2021
Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana
12 July 2021
Pengumuman Tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS di IAIN Padangsidimpuan
9 July 2021
Dilelang Berbagai Jenis Barang Inventaris Kantor
28 June 2021
Dilelang 1 Unit Micro Bus Mitsubisi Tahun 2003
24 June 2021