Mengacu SK Dirjen Pendis, IAIN Padangsidimpuan Rapikan Tata Organisasi Kemahasiswaan

Mengacu SK Dirjen Pendis, IAIN Padangsidimpuan Rapikan Tata Organisasi Kemahasiswaan

Padangsidimpuan, Senin 01/06/2019. IAIN Padangsidimpuan merapikan tata organisasi kemahasiswaan sesuai dengan aturan tentang pemilihan pengurus organisasi kemahasiswaan di IAIN Padangsidimpuan berdasarkan keputusan direktur jenderal pendidikan Islam nomor 4961 tahun 2016 yang ditindaklanjuti dengan melalui keputusan rektor nomor 234 tahun 2018. Aturan ini diterapkan melalui kegiatan Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) ditingkat institut dilaksanakan Aula IAIN Padangsidimpuan pada senin 1 Juli 2019 kemarin dalam rangka memilih pimpinan Dema dan SEMA.

Rektor IAIN Padangsidimpuan melalui Dr. Sumper Mulia Harahap, Warek Bid. Kemahasiswaan menyampaikan bahwa IAIN Padangsidimpuan telah menaati aturan kemenag ini untuk setingkat PTKIN, hal ini dilihat dari terbitnya keputusan Rektor menyahuti aturan Surat Keutusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: 4961 Tahun 2016 tentang Organisasi kemahasiswaan.

Doc Humas. Sumper Mulia Harahap, Warek Bid. Kemahasiswaan dan Kerjasama memberikan sambutan pada pembukaan PEMIRA

“Alhamdulillah kita telah menerapkan aturan dari Dirjen Pendis pada hari ini dimana kita telah melaksanakannya seperti halnya dulu sebutannya adalah BEM (badan eksekutif mahasiswa) tetapi sekarang sudah disebut dengan DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) sejak keputusan ini diterbitkan. Hal ini merupakan amanah dari Dirjen Pendis yang harus kita pahami dan laksanakan. Tujuannya tidak lain adalah agar tatanan sistem organisasi kemahasiswaan di lingkungan PTKIN agar lebih fungsional dan berbasis kebutuhan mahasiswa.” Terang Sumper dalam sambutannya pada pembukaan PEMIRA IAIN Padangsidimpuan.

Lebih lanjut, Warek bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sumper Mulia Harahap menjelaskan bahwa Kementerian Agama melaluli Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menggelar sosialisasi aturan ini di pada 2018 lalu. (lihat beritanya disini). Ia menilai bahwa IAIN Padangsidimpuan melihat bahwa ormawa memiliki peran penting bagi pengembangan perguruan tinggi sehingga peran ini harus teroptimalisasi secara komperhensif dan terstruktur. Selain itu, Ketua DEMA dan SEMA serta unsur pengurus Ormawa di tingkat fakultas dalam masing-masing kata sambutan pada pembukaan PEMIRA mengajak seluruh  unsur ormawa agar dapat mensukseskan kegiatan PEMIRA dengan memberikan suaranya serta menaati  aturan.

Doc Humas, Suasana Pembukaan PEMIRA SEMA dan DEMA periode 2019-2020

Kegiatan PEMIRA ditingkat institut ini melibatkan para unsur ormawa di tingkat fakultas dan jurusan di lingkungan IAIN Padangsidimpuan sebagai perwakilan untuk memilih ketua DEMA SEMA di tingkat institut. Pantauan humas selama acara pemilihan bahwa kegiatan tersebut bejalan dengan lancar dan dihadiri oleh unsur pimpinan fakultas meliputi para dekan, wakil dekan bidang kemahasiswaan dan Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan serta Kabag Biro Akdemik dan Kemahasiswaan.

Doc Humas, Salah seorang mahasiswa perwakilan dari Ormawa memberikan hak suaranya

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id