Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini
Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini

Panduan Mendaftar UM-PTKIN 2022

Berikut ini panduan Singkat mendaftar UM-PTKIN

Definisi

UMPTKIN kependekan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang merupakan bentuk pendaftaran 1 pintu untuk mendaftar di UIN, IAIN dan STAIN di seluruh Indonesia Untuk lulusan SMA / SMK / MA tahun 2020,2021 dan 2022 .

Untuk tahun 2022 , Ujian UM-PTKIN dilakukan di Rumah masing masing pendaftar dengan menggunakan HP android, Laptop atau PC. (anda akan diminta memilih perangkat untuk ujian disaat pendaftaran).

Persyaratan Pendaftaran

Syarat pendaftaran yang diperlukan

  • NISN, alamat email aktif dan no HP aktif
  • File passfoto background merah format jpg
  • Ijasah untuk lulusan tahun 2020 dan 2021, untuk Lulusan 2022, syaratnya adalah KTP atau Kartu pelajar

Dalam pendaftaran UM-PTKIN, baik datang secara langsung ke IAIN Padangsidimpuan atau mendaftar sendiri langsung di website um-ptkin.ac.id TIDAK DIPERLUKAN BERKAS FISIK. Semua berkas yang dibutuhkan bentuk File ( misal scan ijasah atau file foto ).

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran bisa di lakukan dari tanggal 25 April – 4 Juni 2022.

Alamat Pendaftaran

Pendaftaran Mahasiswa baru jalur UM-PTKIN dilakukan secara Online di https://www.um-ptkin.ac.id. Namun jika anda kesulitan silahkan datang ke Auditorium IAIN Padangsidimpuan ke Panitia Pendaftaran Mahasiswa baru UM-PTKIN.

Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran UM-PTKIN sebesar 200.000. Namun perlu dicatat jika anda membayar lewat BNI ( sebagai bank resmi untuk pembayaran) dikenakan biaya admin 1.500. Jika anda membayar dari bank lain dengan transfer ke Virtual akun BNI ( kode bayar) maka dikenakan biaya lagi sebesar 6.500 jadi total yang anda bayarkan saat daftar ulang adalah 208.000 .

Jika anda mendaftar UM-PTKIN dengan datang ke IAIN Padangsidimpuan, anda bisa langsung membayar biaya pendaftaran ke Bank BSI yang ada di lokasi pendaftaran.

Alur Pendaftaran

Jika anda mendaftar UM-PTKIN di IAIN anda bisa langsung data ke Auditorium IAIN Padangsidimpuan, nanti ada petugas yang akan memandu anda dari proses pembuatan akun , pembayaran uang pendaftaran sampai cetak kartu ujian.

Jika anda ingin mendaftar secara online tanpa harus datang ke IAIN berikut caranya :

  1. Buka website https://www.um-ptkin.ac.id
  2. Klik Menu Daftar lalu buat akun terlebih dahulu dengan cara memasukan NISN, Tanggal lahir dan Email dan nomor HP . Jika data NISN anda terdeteksi maka langsung akan muncul nama anda klik simpan maka password akan di kirim ke email anda. ( disarankan gunakan email yang sama dengan email di HP android anda) . Jika nama anda tidak muncul dan NISN tidak di kenal silahkan hubungi pihak sekolah untuk memastikan bahwa NISN terdata di DAPODIK dan atau EMIS DIKTIS.
  3. Cek email masuk dari Panitia UM-PTKIN . di email akan ada password yang dikirim . kembali ke website umptkin lalu klik Login dengan NISN dan password yang ada di email.
  4. Setelah login lengkapi biodata seperti nama orang tua dan penghasilan orang tua dan perangkat yang nanti akan digunakan untuk ujian. Setelah itu simpan dan anda akan dibawa ke pembuatan Virtual Akun pembayaran (nomor VA dari BNI untuk kode pembayaran). Pilih metode bayar apakah anda mau membyar dari BNI atau dari Bank BNI karena kode bayarnya akan berbeda.
  5. Cetak rekening pembayaran dan lakukan pembayaran di bank BNI atau Bank lain sesuai poin 4 . Jika anda menyetor di bank lain sampaikan mau transfer ke Rekening Virtual Aku BNI dan tujukan kode bayarnya. Jika and mendafar di IAIN Padangsidimpuan, anda bisa langsung membayar di lokasi pendaftaran.
  6. Login kembali ke umptkin lalu upload foto dan Dokumen pendukung ( Ijasah jika anda lulusan 2020-2021 dan KTP/Kartu pelajar untuk lulusan 2022).
  7. Pilih 3 Program studi dan lokasi ujian ( dalam hal ini karena ujian bersifat online) lokasi ujian ini dimaksud jika saat ujian online anda terkendala, anda bisa menghubungi pantia lokal dalam hal ini jika anda memilih IAIN padangsidimpuan anda bisa menghubungi panitia umptkin di Kampus IAIN Padangsidimpuan
  8. Untuk mendaftar di IAIN pilihan nama Perguruan tinggi semuanya IAIN padangsidimpuan dan pilih 3 program studi ( jurusan) nya, Urutan program studi menentukan prioritas pilihan.
  9. Setelah selesai maka anda bisa mencetak Kartu ujian . Kartu Ujian WAJIB di cetak mengingat saat ujian anda harus selfi dengan menunjukan KERTAS KARTU UJIAN .
  10. Jika anda belum jelas silahkan lihat panduan DETAIL dengan tampilan visual di KLIK DISINI

Hal hal yang belum jelas bisa juga ditanyakan lewat WA ke Panitia UM-PTKIN IAIN padangsidimpuan di nomor WA 081328533115


Kontributor :
Fotografer :
Editor :

About the author

Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Data

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.