Penguatan Konsep Humanis Pendidikan, FTIK Hadirkan Narasumber Guru Besar Sejarah

Penguatan Konsep Humanis Pendidikan, FTIK Hadirkan Narasumber Guru Besar Sejarah

Doc Humas, (8/10/2019). Dari kanan ke kiri Wakil Rektor Bidang APL Dr. Mhd Darwis Dasopang, M.Ag, Moderator Dr. Muhammad Roihan Daulay, MA, Narasumber Prof. Dr. Muhammad Abdul Karim, MA., MA, Notulen Aminah, MA,  Dekan FTIK Dr. Lelya Hilda Lubis, M.Si

Selasa, 8/10/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menggelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema “Sejarah Humanisme dalam Pendidikan Islam” di Aula Gedung Rektorat IAIN Padangsidimpuan. Seminar kali ini merupakan penguatan pengetahuan tentang konsep humanisme dalam pendidikan  Islam. FTIK dalam hal menghadirkan narasumber Prof. Dr. Muhammad Abdul Karim dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka menguatkan pengetahuan sejarah bagi para seluruh civitas akademik di FTIK termasuk dosen, pengawai dan mahasiswa pada khususnya. Dekan FTIK, Dr. Lelya Hilda dalam sambutannya agar seluruh peserta yang hadir terutama bagi para mahasiswa agar dapat menyimak penjelasan narasumber. Sebab menurutnya humanisme dalam dunia pendidikan adalah salah satu pondasi penguatan ilmu pendidikan. Dengan nada semangat dan sambutan hangat dari dekan kepada narasumber ia juga menyatakan bahwa civitas akademik FTIK adalah civitas yang haus akan ilmu pengetahuan

“Selamat datang di Padangsidimpuan buat narasumber kita, beliau ini berasal dari Banglades dan telah menjadi warga negara Indonesia dan telah mengabdikan ilmunya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pak Professor kami adalah orang yang haus akan ilmu pengetahuan terutama dalam ilmu pendidikan Islam.” Pungkas Dekan dalam sambutannya.

Selanjutnya kegiatan seminar secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akdemik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. Ia sangat berharap bahwa para peserta seminar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Ia mengungkapkan bahwa konsep humanisme dalam pendidikan Islam sejalan dengan visi dan misi IAIN Padangsidimpuan yang teoantropoekosentris. Dimana humanisme yang berdasarkan konsep ketauhidan perilaku atau pendidikan akhlak yang dalam hal ini adalah berfokus pada sejarah humanisme dalam pendidikan Islam.

“Konsep humanisme ini adalah bagian dari konsep pendidikan Islam yang menjadi visi IAIN Padangsidimpuan ke depannya. Konsep ini telah terhimpun dalam istilah teoantropoekosentris. Kami sangat berharap bahwa melalui seminar ini nantinya para peserta dapat mengikutinya hingga selesai.” terangnya.

Kebanyakan para peserta adalah dari mahasiswi FTIK, dosen dan para pejabat struktural civitas ademika FTIK dan para undangan yang hadir telah memenuhi ruangan Aula Biro Rektorat IAIN Padangsidimpuan. Moderator kegiatan seminar tersebut adalah Dr. Roihan Daulay dosen Pascasarjana dan FTIK membawakan kegiatan dengan santai dan bersahaja. Sesi perkenalan narasumber menjadi salah satu topik hangat, dimana narasumber juga merupakan telah banyak menulis buku, jurnal dan telah menjadi warga negara Indonesia setelah menikah dengan perempuan asal Tapanuli Selatan bermarga Lubis.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id