Perolehan Akreditasi A Prodi PAI Disambut Antusias Civitas Akdemika IAIN Padangsidimpuan

Selasa (23/03/2021); Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), menjadi program studi pertama di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan yang meraih akreditasi A dari hasil pengumuman Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT).

Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M. Ag, Ketua Program Studi PAI mengatakan pada tanggal 15 dan 16 Maret 2021 telah dilaksanakan asesmen lapangan secara daring di rumah akreditasi IAIN Padangsidimpuan.

 “Melalui kesempatan ini, saya pribadi menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Rektor, para Wakil Rektor, Dekan serta teman-teman dosen muda, dosen senior, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, juga alumni dan stakeholders, berkat perjuangan yang gigih, kita mendapatkan hasil yang memuaskan, yaitu akreditasi A dengan nilai 372,” ungkapnya kepada Humas IAIN Padangsidimpuan.

Menurutnya, kelengkapan dokumen dan validasi data menjadi salah satu yang mendapat perhatian dari dua orang assessor, yaitu Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am dan Dr. Jm. Muslimin, MA.

“Sejak tahun 2020 lalu teman-teman tim penyusun borang serta kelengkapan data terus berusaha dalam melengkapi tujuh kriteria penilaian. Untuk semua kerjasama dan dukungannya telah membuahkan hasil yang memuaskan hari ini,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si  memberikan apresiasi terhadap akreditasi A yang diraih oleh Program Studi PAI.

“Alhamdulillah, hari ini kita menerima goodnews, Program studi PAI telah meraih Akreditasi A. Semua ini berkat do’a juga kerjasama semua tim, terlebih – lebih keseriusan Rektor dan unsur pimpinan serta seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan. Semoga dengan langkah ini menjadi awal yang indah untuk program-program studi lainnya,” tegas Dr. Lelya Hilda, M.Si.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh mahasiswa prodi PAI IAIN Padangsidimpuan, Ahmad Gunawan Chaniago. Alumni dari pesantren Mawaridussalam Medan ini begitu antusias saat mendapatkan informasi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Agama Islam. Menurut Gunawan, prestasi ini juga merupakan kebanggaan bagi semua mahasiswa IAIN Padangsidimpuan.

“Saya sebagai mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Padangsidimpuan sangat bangga dengan perolehan akreditasi A ini. Karena dengan perolehan akreditasi ini akan menambah peluang dan nilai poin bagi lulusannya, terutama dalam dunia kerja,” ujar Ahmad Gunawan Chaniago

Apresiasi yang sama juga diungkapkan Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag.

“Saya apresiasi sekali dengan berhasilnya program studi PAI meraih akreditasi A. Dengan demikian, kita  sudah mendapat 2 program studi yang berakreditasi A. Semoga ini bisa memotivasi dan memacu prodi lainnya di IAIN Padangsidimpuan untuk meraih pencapaian yang sama, yang juga akan mendukung alih status IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN,” ujar Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag. di saat membuka acara sosialisasi Renstra IAIN Padangsidimpuan.

Dok.Humas: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M. Ag mengucapkan syukur dengan ceria saat dikonfirmasi oleh Humas tentang perolehan Akreditasi A Prodi PAI
About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?