Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini
Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini

Pesan Moderasi Beragama Menjadi Topik Utama Wisuda Akhir Tahun 2021

Sabtu, 27/11/2021. Padangsidimpuan – Di hadapan wisudawan/wisudawati tersebut, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL Rektor IAIN Padangsidimpuan, berpesan agar menjadi insan cendekia yang moderat dan bermartabat. Pesan bermuatan tentang pentingnya moderasi beragama menjadi topik utama para wisuda pada akhir tahun 2021 yang dilaksanakan di Auditorium Syekh Ali Hasan Ahmad Ad-Dary, Sabtu 27 Nopember 2021. Dalam paparan sambutannya, Guru Besar dalam bidang hukum ini menyampaikan ekspektasi besar kepada seluruh wisudawan/wisudawati agar selalu menjaga integritas dan martabat dalam mengaruhi kehidupan sehari-hari nantinya.

Rektor IAIN Padangsidimpuan ini juga menjelaskan secara detail tentang makna moderat, terutama moderasi beragama di hadapan 300 peserta wisudawan/wisudawati hari ini.

“Jadilah anda sebagai insan cendekia yang moderat, tidak ekstrim kanan atau kiri. Sesuai dengan maqosidul syariah: 1). Hifdzhuddin/menjaga agama; 2) Hifdzhinafs/menjaga diri; 3)Hifdzhinasl/menjaga keturunan; 4)Hifzdhil maal/menjaga harta. Inilah tugas kita bersama yang juga sesuai dengan visi misi IAIN Padangsidimpuan yaitu paradigma keilmuan yang Ilahiyyah;al-insaniyyah wal kauniyyah (Keseimbangan kehidupan berTuhan,berwawasan kemanusiaan dan kealaman), dengan sebutan lainnya (dalam bahasa latin) Theoantropoekosentris,”pungkas Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL.

Selanjutnya, seorang cendekia bukanlah selamanya seorang sarjana, malainkan cendekia adalah orang yang pintar, cerdas dan tanggap terhadap kondisi riil serta dapat memberikan solusi bagi permasalahan (Problem Solver),” tegas Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL

“Poin berikutnya adalah kata “Moderat”, ini menjadi isyu public atau trending topic saat ini. Yaitu banyaknya golongan yang terprovokasi menjadi ekstremis (baik ekstremis kanan juga kiri). Adapun harapan kita adalah jadilah anda yang moderat (Tawasuth) yaitu kembali kepada nilai-nilai universal : Keadilan, Kemanusiaan, toleran dan sebagainya. Inilah yang kita harapkan bisa kita lakoni saat kita kembali ke masyarakat kita. sebab hari ini begitu maraknya isyu-isyu yang ekstremis di kalangan generasi muda yang diakibatkan dari salahnya memilih guru/murobbi. Begitu banyak yang terjadi adalah Qiroatul Youtubiyah, Bukan Qiroatul Kitabiyyah,” tegas Rektor.

Dalam paparan sambutannya juga ia menyampaikan harapannya kepada para wisudawan dan para hadirin, agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur sebagai insan yang cerdas berintegritas dalam beragama.

“Harapan kita semua, Jadilah insan cendekia yang moderat dan bermartabat, hal ini sesuai dengan tuntutan thema kita. Mengapa saya katakan demikian? Jika kita menganalisis thema tersebut, maka kita akan dapatkan 3 kata kunci, yaitu Insan Cendekia, Moderat dan Bermartabat. Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Islam (IAIN Padangsidimpuan) menciptakan insan yang beriman, berilmu dan bermoral/bermartabat. Sebab, Ilmu tanpa Iman akan menjadi bala bencana baik bagi pemiliknya demikian juga bagi masyarakat umum, dia akan menciptakan mafsadah/kerusakan. Oleh karena itu, Ilmu dan Iman adalah syarat mutlaq bagi insan cendekia.

Tidak lupa juga dalam kesempatan itu, Rektor mengajak para wisudawan/wisudawati untuk selalu bersyukur atas keberhasilan meraih gelar sarjana di IAIN Padangsidimpuan.

“Hari ini kita bisa merayakan prestasi wisudawan sarjana XLII dan pascasarjana XV IAIN Padangsidimpuan, oleh karena itu kita ucapkan tahniah atas keberhasilan ananda yang telah menyelesaikan pendidikannya di IAIN Padangsidimpuan,” ungkap Rektor.

Kegiatan prosesi ini tetap menjalankan dan mematuhi Protokol Kesehatan, sehingga dibatasi untuk peserta ataupun tamu undangan yang berhadir. Berdasarkan laporan panitia kepada Humas IAIN Padangsidimpuan, 300 wisudawan/wisudawati tersebut dari 4 Fakultas dan berbagai program studi, dengan rincian 83 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 47 mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH), 105 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan 53 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) serta 12 mahasiswa Pasca Sarjana.

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Penting

Pengumuman Hasil Akhir CPNS Kemenag 2021
25 December 2021
JUKNIS PENYELESAIAN STUDI BEASISWA 5000 DOKTOR
15 December 2021
Pengumuman Hasil Seleksi SDK CPNS Kemenag 2021
16 November 2021
Pengumuman Hasil Verifikasi Administratif Bakal Calon Rektor
18 October 2021
Pengumuman tentang Lokasi Ujian CPNS Kemenag 2021
14 October 2021