POTENSI MASYARAKAT YANG TERABAIKAN

Masyarakat Indonesia sangat kaya dan banyak ragam budaya dan agama, yang merupakan salah satu keunikan dan kekhasan bangsa ini. Mulai dari agama, suku, budaya dan sebagainya banyak dan hidup dan berdampingan di Negara ini.


Diantara penduduk yang mayoritas yang menempati Negara ini, adalah Islam. Islam yang merupakan agama yang memiliki penganutnya paling banyak berpengaruh terhadap jumlah tempat ibadahnya (Masjid). Menurut Data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama RI, ada 741.991 Masjid yang berdiri di Negara ini.

Hal ini jelas memberikan gambaran kepada kita bahwa masjid hampir menyeluruh di lapisan masyarakat yang ada. Dan masing-masing masjid telah memiliki pengurus dan takmirnya yang mengatur dan memanajemen kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan.

Bahkan dari sisi bangunan, masing-masing daerah berlomba-lomba membangun masjid yang megah dan mewah, dan arsiteknya didesain sedemikian rupa agar dapat menarik dan mengundang jamaah untuk berkunjung ke masjid tersebut. Namun disisi lain, kita juga sangat miris melihat keadaan masjid dari sisi jamaah dan kegiataannya yang tidak berjalan dengan baik.


Kontributor : Subroto Siregar
Fotografer : Subroto Siregar
Editor : H. Ratonggi, M. A

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.