Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini
Mari bangun masjid IAIN Padangsidimpuan
Klik Disini

Problematika Bunga Bank Sama atau Beda dengan Riba

Sebagai kaum muslim dan muslimah sebaiknya kita menghindari transaksi yang mengandung unsur riba karena tidak sesuai syariat Islam. Sebaiknya kaum muslim dan muslimah menggunakan produk dan jasa bank syariah yang sesuai dengan syariah Islam. Karena syariah yang menggunakan sistem bagi hasil lebih memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dan yang pasti halal.

Nofinawati, MA


Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang memiliki persepsi yang berbeda beda tentang bunga bank itu tergolong riba atau bukan. Ada yang menyatakan bunga bank itu tidak sama atau bukan tergolong riba. Ada juga yang menyatakan bahwa bunga bank itu sama atau tergolong riba. Walaupun ada perbedaan pendapat tentang bunga bank, dari dulu riba itu sudah jelas-jelas dilarang dalam hukum Islam. Dasar hukum pelarangan riba terdapat dalam Firman Allah QS. Al-Baqarah ayat 275.

ٱلَّذِينَ يَأۡكُلُونَ ٱلرِّبَوٰاْ لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ ٱلَّذِي يَتَخَبَّطُهُ ٱلشَّيۡطَٰنُ مِنَ ٱلۡمَسِّۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمۡ قَالُوٓاْ إِنَّمَا ٱلۡبَيۡعُ مِثۡلُ ٱلرِّبَوٰاْۗ وَأَحَلَّ ٱللَّهُ ٱلۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ ٱلرِّبَوٰاْۚ فَمَن جَآءَهُۥ مَوۡعِظَةٞ مِّن رَّبِّهِۦ فَٱنتَهَىٰ فَلَهُۥ مَا سَلَفَ وَأَمۡرُهُۥٓ إِلَى ٱللَّهِۖ وَمَنۡ عَادَ فَأُوْلَٰٓئِكَ أَصۡحَٰبُ ٱلنَّارِۖ هُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ ٢٧٥

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya

Berdasarkan firman Allah di atas dapat difahami bahwa orang-orang yang mengambil atau mengkonsumsi riba, maka mereka akan berdiri seperti berdirinya orang yang kemasukan setan atau seperti orang gila. Orang gila adalah orang yang akalnya tidak sehat sehingga tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang benar. Dengan kata lain apabila ada orang yang memakan atau mengambil riba, maka Allah SWT akan menjadikan akalnya tidak sehat sehingga tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Na’udzubillahi mindzaliik. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas tentang bunga bank, riba serta bunga bank = atau # dengan riba.

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Penting

Pengumuman Hasil Seleksi SDK CPNS Kemenag 2021
16 November 2021
Pengumuman Hasil Verifikasi Administratif Bakal Calon Rektor
18 October 2021
Pengumuman tentang Lokasi Ujian CPNS Kemenag 2021
14 October 2021
Pengumuman Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Padangsidimpuan 2022-2026
27 September 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2021
4 August 2021