Prodi PIAUD Gelar Webinar “Pengembangan Karakter Anak Menuju Era Society 5.0”

Kamis (09/09/2021); Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Padangsidimpuan, hari ini menyelenggarakan Seminar Nasional based on Webinar system dengan thema: “ Pengembangan Karakter Anak Menuju Era Society 5.0 (Paradigma Teoantropoekosentris) “. Kegiatan ini digelar di Kuttab IAIN Padangsidimpuan yang dihadiri oleh peserta terbatas dikarenakan masih berlakunya PPKM juga Protokol Kesehatan.
Pada webinar ini menghadirkan 2 pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu: Dr. Roostrianawahti Soekmono, M.Pd (Universitas Trilogi) dan Rosmaimuna Siregar, M. A (UMTS).
Dalam sambutannya, Dr. Lelya Hilda, M.Si menyampaikan kepada seluruh peserta agar tetap serius mengikuti Webinar ini meskipun diadakan secara daring.
“Kepada seluruh mahasiswa kami di Prodi PIAUD agar antusias mengikuti kegiatan ini, webinar ini sangat bermanfa’at bagi kita, terutama para calon pendidik,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyampaikan bahwa para pendidik wajib menguasai ilmu jiwa (Psikologi) dalam mengembangkan karakter anak.
“Pendidikan karakter sangat dibutuhkan bagi peserta didik, khusus kepada mahasiswa PIAUD yang nantinya akan menjadi guru atau pendidik maka wajib menguasai psikologi. Tugas mendidik merupakan tugas kita bersama untuk menciptakan peradaban yang sesuai dengan paradigma kita yaitu Teoantropoekosentris. Semoga dengan Webinar ini akan memotivasi mahasiswa/mahasiswi kita untuk lebih giat dan mencintai profesinya,” tegas Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag saat membuka acara Webinar ini.
Sebagai pemateri pertama, Dr. Roostrianawahti Soekmono, M.Pd memaparkan materinya tentang mengembangkan akhlak anak usia dini.
Menurutnya, untuk mengembangkan akhklak anak pada usia dini bisa melalui mengajari anak menjauhkan diri dari kenikmatan jasmani, seperti android/game online, selanjutnya dapat membiasakan anak dengan akhlak mulia/berbuat baik, menjalankan syariat agama serta menjauhi anak dari penyakit hati.
“Semboyan dari Ki Hadjar Dewantara, yaitu Ing ngarsa sung tulada; ing madya mangun karsa; tut wuri handayani, inilah secara singkat tugas kita sebagai pendidik apalagi saat kita focus kepada pendidikan karakter anak,” pungkas Roostrianawahti Soekmono

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Penting

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2021
4 August 2021
Perpanjangan Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana
12 July 2021
Pengumuman Tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS di IAIN Padangsidimpuan
9 July 2021
Dilelang Berbagai Jenis Barang Inventaris Kantor
28 June 2021
Dilelang 1 Unit Micro Bus Mitsubisi Tahun 2003
24 June 2021