Rektor : “Jalani Proses, Bersabar dan Istiqomah Raih Cita-Cita”

Kamis (18/08/2022); Hari ini dimulai agenda Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, angkatan tahun 2022. Acara pembukaan dilaksanakan di gedung Auditorium, yang dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUAK beserta unsur pimpinan di lingkungan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Kepada seluruh peserta (mahasiswa baru), kami ucapkan selamat bergabung di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Melalui kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan atau PBAK ini, maka mulailah anda melangkah dengan niat dan hati yang bersih untuk menuntut ilmu di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan ini. Perlu anda ingat, bahwa dalam menuntut ilmu dibutuhkan kesabaran yang tinggi, bersabar dalam menjalankan dan menikmati proses serta mematuhi peraturan di kampus kita ini,” tegas Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag

Rektor juga melanjutkan dengan kalimat “ Think Globally; Act Locally “, yang disampaikan beliau kepada seluruh peserta PBAK yang berjumlah 1678 orang mahasiswa baru.

“Anandaku, ketahuilah bahwa kesuksesan itu tergantung kepada individu pribadi kita. Kesuksesan juga bisa diraih dengan terus berkolaborasi dan bersinergi diantara kita. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang ada di wilayah Tapanuli Bahagian Selatan ini, kita telah mempersiapkan semuanya untuk menghadapi dunia global. Anda selama 1 tahun dibimbing dan dibina di Ma’had al Jami’ah, selama 24 jam anda diawasi oleh tenaga-tenaga professional. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan itu, pun demikian anda jangan underestimate terhadap lokasi kita yang berada di daerah, Think Globally ; Act Locally,” lanjut Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana PBAK, H. Ratonggi, MA melaporkan bahwa kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor, Nomor 692 dan 696, Tahun 2022, tentang Penetapan Panitia, Narasumber dan Peserta Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).

“Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2022 ini akan kita bagi kepada dua lokasi yang berbeda, yaitu Auditorium dan Kuttab (yang berada di Ma’had Al Jamiah kita). Adapun jumlah peserta secara keseluruhan 1678 mahasiswa, dan 150 orang panitia yang terdiri dari Pimpinan, dosen, Pegawai serta para pemimpin atau Ketua dari Lembaga Organisasi Kemahasiswaan yang ada di lingkungan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan,” jelas H. Ratonggi, M.A

“Untuk Narasumber di acara ini, terdiri dari unsur insternal juga eksternal UIN Syahada. Internal kita adalah: Rektor, Wakil Rektor, Ketua dan Kepala UPT di lingkungan UIN Syekh Ali Hasan Ahamd Addary Padangsidimpuan. Sementara itu, yang dari eksternal adalah Kapolres Kota Padangsidimpuan, Kepala BNN Tapanuli Selatan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Padangsidimpuan,” lanjut beliau.

H. Ratonggi, M.A selaku Ketua Panitia PBAK tahun ini juga, sebagai Plt. Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, di akhir laporannya disampaikan bahwa ada beberapa materi untuk diulas dalam PBAK tahun ini.

“Ada beberapa materi yang akan disampaikan yaitu: Administrasi Akademik, Organisasi Kemahasiswaan, Kode Etik Mahasiswa, Pengenalan Awal terhadap Universitas dan Fakultas, Moderasi Beragama, Bahaya Narkoba, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau KAMTIBMAS serta Pemahaman tentang Gender,” pungkasnya.


Kontributor : Subroto Siregar
Fotografer : Suhly Ana Siregar
Editor : H. Ratonggi, M. A

About the author

Pengelola Sub Bagian Humas dan Informasi

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.