Salman AlFaruqi Mewakili IAIN Padangsidimpuan di Seminar Internasional UKM Malaysia

Salman AlFaruqi Mewakili IAIN Padangsidimpuan di Seminar Internasional UKM Malaysia

Dok.Humas: Efrida Yanti Nasution (Bendahara Umum Pusat FKMTHI , juga alumni IAIN Padangsidimpuan) berfoto bersama Muhammad Salman Alfaruqi (Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan) di Kedubes Indonesia untuk Malaysia

Selasa (15/10/2019). Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan kembali menorehkan prestasinya di kancah Internasional, terbukti dengan terpilihnya Muhammad Salman Alfaruqi dalam mengikuti International Conference Al-Qur’an and Hadits UKM Malaysia, tanggal 1-4 Oktober 2019.

Pada hari Senin kemarin (14/10) Salman, yang merupakan mahasiswa semester III jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan ini memberikan orasi ilmiah dihadapan Dekan, Dosen/Pegawai juga sesama mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Padangsidimpuan.

Dalam paparannya, Salman menjelaskan tentang makalahnya yang telah lulus seleksi di Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) dengan judul Toleransi Untuk Perdamaian Dunia. Menurut mahasiswa yang juga alumni dari Pesantren Modern Darul Arafah Medan ini, bahwa diantara manfaat toleransi adalah menciptakan keharmonisan antar manusia. Sebab toleransi merupakan kesadaran dari seluruh element masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai, tanpa mengganggu hak dan kewajiban orang lain.

Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Dr.H.Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag sangat mengapresiasi orasi ilmiah yang disampaikan Salman. Turut hadir juga di acara ini Dr.Arsyad Nasution,M.Ag (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FASIH), dosen juga pegawai Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan.

Sementara itu, Efrida Yanti Nasution alumnus Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan yang sekarang menjabat sebagai Bendahara Umum PP FKMTHI priode 2018-2020 juga memberikan respons positif atas partisipasi Salman alfaruqi di International Conference Al-Qur’an and Hadits UKM Malaysia.

“Alhamdulillah, Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) telah melebarkan sayapnya go Internasional pada 1-4 Oktober 2019 di Universitas Kebangsaan Malaysia. Acara tersebut di ikuti oleh 85 utusan berbagai kampus di Indonesia. FKMTHI go International yang dilaksanakan tersebut membawa agenda yaitu, adanya Confrence Internasional secara langsung di UKM yang menampilkan mahasiswa  Tafsir dari Indonesia dan Malaysia, juga ada seminar Internasional, dan tentunya tidak lupa Kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Malaysia. Tentunya kegiatan ini memberikan pengaruh besar atas keberhasilan anak bangsa khususnya mahasiswa Tafsir Hadis se- Indonesia,” jelas Efrida Yanti kepada Humas melalui telepon selularnya.

Efrida Yanti, yang juga alumni dari Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir FASIH IAIN Padangsidimpuan ini berharap agar mahasiswa yang berada di program studi tafsir terus menggali potensinya untuk menebarkan nilai-nilai al-Qur’an buat kedamaian dunia.

“Saya, selaku Bendahara Umum Pusat FKMTHI yang juga berasal dari IAIN Padangsidimpuan merasa bangga bisa bergabung dan turut serta membawa adek-adek mahasiswa Indonesia Go Internasional. Harapan saya buat adek-adek IAIN Padangsidimpuan, khususnya mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir ikutilah segala bentuk kegiatan yang mengembangkan ilmu tafsir baik di Indonesia maupun Internasional. Saya berharap akan dibukanya  launching FKMTHI di IAIN Padangsidimpuan secara resmi dengan harapan seluruh mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir di IAIN Padangsidimpuan turut serta berkontribusi di setiap kegiatan FKMTHI. Dengan demikian dapat menjadi salah satu penunjang akademik serta prioritas akademisi fakultas maupun jurusan,” pungkas Efrida Yanti Nasution.

Dok.Humas: Mahasiswa Indonesia berfoto bersama setelah Seminar Internasional di University Kebangsaan Malaysia.

Related Posts

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ayo Berlangganan

Recent Posts

Jalan T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang. Padangsidimpuan, Kode Pos 22733.

Untuk info lebih lanjut:

Telp. (0634) 22080

Fax. (0634) 24022

humas@iain-padangsidimpuan.ac.id