SPAN-UM PTKIN 2021 Diluncurkan, Rektor Optimis Pendaftar IAIN Padangsidimpuan Meningkat

Dok.Humas (14/01/2021) Menteri Agama RI KH.Yaqut Cholil Qoumas dan Panitia melakukan Peluncuran SPAN-UM PTKIN Tahun 2021 secara Resmi di kampus UIN Raden Intan Lampung.

Kamis (14/01/2021) Rektor optimis Pendaftar IAIN Padangsidimpuan akan meningkat hal itu disampaikan usai peluncuran Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahun 2021 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Agama RI KH.Yaqut  Cholil Qoumas di kampus UIN Raden Intan Lampung.

“Kita sangat optimis bahwa pendaftar IAIN Padangsidimpuan Tahun 2021 akan meningkat dan kita akan menerima mahasiswa sebanyak 2200 orang dengan melalui tiga jalur penerimaan yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM-PTKIN) serta  Ujian Masuk Mandiri” terang  Prof. Dr Ibarahim Siregar MCL

Lebih lanjut Rektor Menyampaikan optimisnya dengan adanya Proram Unggulan Ma”had Al-Jamiah dan Program Bahasa IAIN Padangsidimpuan menjadi pilihan para pendaftar.

“Kita Memiliki Proram unggulan yaitu  Ma”had Al-Jamiah dan Program Bahasa dengan mengasramakan semua mahasiswa baru disemester I dan II dalam rangka memperkuat dasar-dasar dan wawasan keagamaan/keislaman, memperkuat kemampuan bahasa asing (Arab, Inggris, lainnya) , membentuk karakter (character building), menjadi pusat pembinaan tahsin dan tahfidz al-Qur’an  dan mengembangkan keterampilan dan tradisi akademik lainnya sesuai dengan Instruksi Dirjen Pendidikan Islam Nomor Dj.I/Dt.I.IV/PP.00.9/2374/2014.

Sebagai Informasi kepada Calon Pendaftar saat ini IAIN Padangsidimpuan memiliki 4 fakultas dan 1 Program Pascasarjana dengan 24 Program Studi yaitu  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan terdiri dari 10 Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan/Tadris Matematika, Pendidikan/Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan/Tadris Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Kimia, Tadris Fisika, Tadris Biologi dan Tadris Bahasa Indonesia.

Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dengan 5 Program studi yaitu Hukum Perdata Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tata Negara, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir dan Hukum Pidana Islam.

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan 4 Program Studi yaitu Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam, Manajemen Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam

Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 3 Program Studi yaitu Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah dan Manajemen  Zakat dan Wakaf sementara Program Pascasarjan dengan 2 program studi yaitu Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan prestasi lain tanpa ujian tertulis, yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis) sedangkan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dengan biaya Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag menuturkan kepada Humas tentang jadwal Pelaksanaan SPAN PTKIN yang akan dilaksanakan pada Tahun 2021.

“perlu kami sampaikan kepada Calon Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan bahwa Jadwal pelaksanaan SPAN PTKIN, mulai dari Pengisian & Verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada tanggal 19 Januari – 17 Februari 2021, pendaftaran pada tanggal 19 Februari – 15 Maret 2021, seleksi tahap I pada tanggal 19 Maret – 23 Maret 2021, seleksi tahap II pada tanggal 25 Maret – 29 Maret 2021, dan pengumuman hasil seleksi 05 April 2021. Tutur beliau melalui pesan selulernya

Untuk Informasi lebih lanjut tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat pada website: span-ptkin.ac.id;um-ptkin.ac.id; dan  www.iain-padangsidimpuan.ac.id serta dapat menanyakan langsung kepada Panitia Lokal IAIN Padangsidimpuan.

Dok,Humas (14/01/2021) Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. Ibrahim Siregar, MCL berfoto bersama dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag Usai Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021 di Kampus UIN Raden Intan Lampung

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?