Studium General: Edukasi dan Motivasi Investasi Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menyelenggarakan studium general pada Selasa 23 Maret 2021 kemarin dalam rangka edukasi dan motivasi bagi para mahasiswa IAIN Padangsidimpuan khususnya khususnya mahasiswa FEBI yang masih dalam menjalani program Mahad Jamiah. Penyelenggaraan kegiatan studium general dilaksanakan pada gedung Kuttab Mahad Jamiah yang menampung ratusan mahasiswa FEBI dan seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas di IAIN Padangsidimpuan. Dalam acara penyambutan para rombongan pimpinan bersama dengan narasumber serta tamu undangan yang hadir diiringi oleh lagu sambutan dari grup nasyid dari mahasantriwati. Diberbagai selang acara juga para peserta studium general dihibur dengan penampilan seni tari dan performa yang memukau narasumber dan unsur pimpinan serta gelak meriah tepuk tangan para peserta yang hadir.

Iman Nimatullah : Memberikan Motivasi Kepada Mahasiswa IAIN Psp

Memasuki awal acara, MC mengambil alih dengan pembukaan yang khas tri-bahasa yaitu Indonesia, Arab dan Inggris. Kata Sambutan dari Dekan FEBI, Dr. Darwis Harahap mengajak seluruh peserta yang hadir untuk tetap tertip dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Ia juga mengajak semua peserta mahasiswa agar dapat mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan oleh narasumber dengan baik.

“Akhir kata, kepada seluruh unsur pimpinan dan para mahasiswa, mahasantri/wati, semuanya yang hadir pada kesempatan ini. Mari kita dengarkan dengan baik apa nantinya yang akan disampaikan oleh narasumber kita, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan mendapat berkah.” tutup Dekan dalam sambutannya.

Acara studium general dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Sumper Mulia Harahap. Beliau menyoroti pentingnya kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan edukasi dan motivasi bagi mahasantri dan mahasantriwati sebagai kader ekonomi masa depan Indonesia. Dalam sambutannya ia juga memperkenalkan para unsur pimpinan yang hadir dan narasumber sebagai bentuk silaturrahmi dan keramah-tamahan dalam menyambut para tamu dan narasumber.

“Studium general ini bagi kita adalah sebuah motivasi dalam meningkatkan minat anda semua anak-anakku untuk menjadi seorang yang ahli dibidang ekonomi di masa depan nantinya. Hari ini telah hadir bapak Iman Ni’matullah yang nantinya akan menyampaikan materi tentang Investasi dengan System Syariah serta nantinya kita minta juga kepada beliau agar memberikan motivasi bagi anak-anaku semuanya. Namun sebelumnya saya ingin perkenalkan para unsur pimpinan kita yang hadir pada hari ini….” tutur ramah beliau dalam memperkenalkan satu-persatu para unsur pimpinan yang hadir dalam kegiatan studium general tersebut.

Foto Bersama Unsur Pimpinan

Beberapa kesimpulan penting yang kami catatan dalam paparan yang menjadi poin penting dalam penyampaiannya adalah pertama, narasumber menekankan bahwa belajar tentang sistem syariah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Menurutnya lebih sulit belajar nahwu sharaf dari pada akuntansi dan keuangan. Kedua, penting bagi setiap orang agar bisa berubah, agar bisa menjadi sukses. Pak Iman yang sapaan akrabnya juga menyetir ayat al-Quran tentang pentingnya perubahan dimulai dari diri sendiri. Ketiga, pak Iman yang juga dari alumni dari Pondok Pesantren tersebut, juga bercerita seputar pengalaman dan perjuangan menjadi seperti saat ini. Ia berharap dengan berbagi kisah hidupnya dengan mahasantri dapat memberikan motivasi berharga untuk dapat berubah menjadi yang lebih baik. Berbagai gelak tawa dan candaan serta quiz dalam menghiasi lautan materi yang dipaparkannya berpadu antara motivasi dan materi yang kaya dengan pengetahuan.

Iman Ni’matullah yang menjadi narasumber Studium General ini dikenal sebagai kepada divisi Investasi Langsung, Emas dan Lainnya pada Badan Pengelola Haji di Jakarta. Tepat memang, paparan berkonsep sistem syariah dalam tata pengelolaan haji menjadi suatu yang dikuasainya dengan baik secara akademis maupun dalam ranah praktis, karena ia memiliki basic pendidikan di bidang ekonomi syariah spesialis perbankan dan investasi syariah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.