0

Wakil Ketua DWP Kemenag RI: Kita Harus Mempedomani AD/ART Panca Dharma Wanita dan Menjadi Teladan bagi Masyarakat

Sabtu, (20/02/2021). Wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI, Dr. Hj. Hilda Ainissifa, M.Ag mendorong seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan di IAIN Padangsidimpuan agar dapat menjalankan program kerja sesuai dengan Anggaran Dasar Rumah Tangga Dharma Wanita Persatuan sebagaimana disampaikan dalam Seminar Ilmiah Peran Dharma Wanita dalam Mendorong Penguatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang dilaksanakan di Aula Rektorat IAIN Padangsidimpuan Sabtu 20 Februari 2020.

Kehadiran Wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Dr. Hj. Hilda Ainissifa, M.Ag di IAIN Padangsidimpuan yang pertama kali datang bersama suaminya yang menjabat sebagai Dirjen Pendis, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. dalam rangka narasumber acara Seminar Arah Pengembangan Lembaga yang dilaksanakan di aula Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan. Pada acara yang lain isteri dirjen pendis tersebut juga menjadi narasumber dalam kegiatan seminar Dharma Wanita Persatuan di IAIN Padangsidimpuan. Dalam paparannya ia menjelaskan pentingnya para anggota mengetahui tentang dasar-dasar Dharma Wanita Persatuan yang dikenal dengan Panca Dharma Wanita yang mana ini menjadi pedoman bagi isteri PNS se-Indonesia. Adapun isi dari Panca Dharma Wanita menjadi salah satu paparan utama dari sekian yang disampaikannya.

“1. Wanita sebagai Pendamping suami yang setia 2. Wanita sebagai penerus keturunan bangsa, 3. Wanita sebagai pendidik dan pembimbing anak, 4. Wanita sebagai pengelola rumah tangga dan nafkah tambahan dan 5. Wanita sebagai anggota masyarakat yang berguna.” sebut Hilda Ainissifa.

Dari kelima poin yang disebutkan oleh Dr. Hj. Hilda Ainissifa, M.Ag yang juga masih menjabat sebagai dekan di salah satu perguruan tinggi di Garut telah memberikan pengetahuan dan pembekalan bagi seluruh DWP IAIN Padangsidimpuan. Lebih lanjut beliau juga menekankan pentingnya dukungan terhadap suami dalam mengemban tugas Negara sebagai PNS dengan menukil Pendapat Imam Al-Ghazali tentang Adab Isteri kepada Suami. Dalam hal ini telah diringkas oleh humas dalam penjabarannya yang panjang.

Doc Humas. Wakil Ketua DWP Kemenag dan Ketua DWP IAIN Padangsidimpuan

1. Selalu merasa malu
2. Tidak banyak mendebat,
3. Senantiasa taat atas perintahnya,
4. Diam ketika suami sedang berbicara,
5. Menjaga kehormatan suami ketika ia sedang pergi,
6. Tidak berkiahanat dalam menjaga harta suami,
7. Menjaga badan tetap berbau harum, mulut berbau harum dan berpakaian bersih,
8. Menampakkan qana’ah, menampilkan sikap belas kasih,
9. Selalu berhias,
10. Memuliakan kerabat dan keluarga suami,
11. Melihat kenyataan suami dengan keutamaan,
12. Menerima hasil kerja suami dengan rasa syukur,
13. Menampakkan rasa cinta kepada suami kala berada di dekatnya,
14. Menampakkan rasa gembira di kala melihat suami.”

Wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI Dr. Hj. Hilda Ainissifa, M.Ag mengingatkan agar selalu menjadi orang yang memberikan keteladanan dimanapun ia berada. Hal tersebut nantinya akan memberikan hal-hal yang positif bagi kredibilitas diri sendiri maupun suami di tempatnya bekerja.

Sebelumnya dalam sambuatan Ketua DWP IAIN Padangsidimpuan, Sri Artaty Nasution, S.Ag memberikan laporan dan penjelasan tentang capaian dan program DWP IAIN Padangsidimpuan dalam paparannya sebagaimana beberapa poin-poin penting berikut:

  1. Arisan Bulanan untuk meningkatkan ukhuwah dan silaturahmi serta sarana diskusi untuk berbagai kegiatan dalam rangka melaksanakan tugas dan program kerja Dharma Wanita Persatuan IAIN Padangsidimpuan.
  2. Pengajian keagamaan setiap bulan yang dilaksanakan dari rumah ke rumah yang biasanya dilaksanakan pada akhir atau pertengahan bulan dengan materi kajian hadis dan masalah keagamaan lainnya.
  3. Sosial kemasyarakatan antar sesama anggota serta masyarakat lainnya. Kegiatan ini berupa pesta atau kemalangan.
  4. Sosialisasi tata letak, tata ruang dan kebersihan di Mahad Al-Jamiah khususnya pada asrama putri yang dimonitoring secara berkala.
  5. Kemudian juga adanya pembinaan tentang tata boga dalam rangka meningkatkan kualitas para ibu-ibu anggota DWP IAIN Padangsidimpuan.
  6. Melaksanakan membuka PAUD dalam bentuk pendidikan anak bagi anggota dan umum.

Dalam kegiatan seminar tersebut berlangsung dengan tenang dan tetap menaati protocol kesehatan dengan memakai masker, handsanitizer yang telah disediakan panita.

Related Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?